ELSA DWI FARHANI, . (2020) PENGARUH STRATEGI KOGNITIF TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS VII DI MTSN 20 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER-NIM.pdf Download (287kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (431kB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (129kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (211kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (204kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (266kB) |
Abstract
ELSA DWI FARHANI, Pengaruh Strategi Kognitif terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 7 di MTsN 20 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa arab, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta, 2020. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 20 Jakarta pada semester 1 tahun Ajaran 2019-2020, yang dimulai pada bulan September – November 2019 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh strategi kognitif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas 7 MTsN 20 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan samplenya adalah siswa kelas 7 MTsN 20 Jakarta, sejumlah 72 siswa terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara porposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikansi = 0,05. Setelah dilakukan penelitian, maka peneliti telah menemukan pengaruh yang positif terhadap peningkatan kosakata Bahasa arab siswa MTsN 20 Jakarta dengan menggunakan strategi kognitif. Kesimpulan ini berdasarkan hasil data sebagai berikut : Hasil uji-t diperoleh setelah uji validitas dan uji homogenitas . uji homogenitas dengan hasil pengelompokkan X-Y mempunyai varian yang homogenitas X2 hitung (70,3) < X2 tabel (90,5) , uji normalitas yang memiliki data berdistribusi Normal dengan hasil L hitung (0,129) < L Tabel (0,148). Setelah dilakukan tes maka nilai T-Hitung yang diperoleh dari 0,05 adalah (16,1) sedangkan nilai T tabel (1,994) untuk derajak kebebasan (dk=70) karena T-Hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga T-tabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Berdasarkan data diatas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif strategi kogitif terhadap peningkatan kosakata siswa MTsN 20 Jakarta dan menjadi salah satu strategi yang dapat digunakan dalam mempelajari kosakata Bahasa arab di MTsN 20 Jakarta. ABSTRACT التجريد بالإنجليزية ELSA DWI FARHANI, “The Effect of Cognitive Strategy in Mastering Students Vocabulary Grade VII at MTsN 20 Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Arabic Language Education Study Program, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta, 2020. This research was carried out at the Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 20 Jakarta on a 1st semester school year 2019-2020, in September 2019. The purpose of this study is to know the effect of Cognitive Strategy in increasing the Arabic vocabulary for students at grade 7 of MTsN 20 Jakarta. The proposed method designed experiments which used grade 7 class 73 and 71. This experiment divided 72 students into 2 class of variables: 36 independents and 36 dependents. The sampling was performed with purposive techniques, which intentionally pick samples in accordance with requirements. The research instrument used were pre and posttest. Data analysis techniques used in this study were descriptive techniques and validity. The hypothesis testing used ttest with 0.05 of significance level. The results found a positive effect against the student reading skills by using Cognitive Strategy. The conclusion is based on the t-test results from validity and homogeneity tests. The homogenity test from the results of grouping X and Y has a homogeneous variant, namely X2 count (70,3) <X2 table (90,5). The normality test has data that are normally distributed with the results of L-count (0.129) <L-table (0.148). After the test, the results of the T-count obtained from 0.05 are (16,1) with the T-table value (1,994) for the degree of freedom (dk = 70). Based on these calculations, the calculated T-count is greater than T-table, the null hypothesis (H0) is rejected and the research hypothesis (H1) is accepted. Based on the data above, there is a positive effect on the Cognitive Strategy on the increasing ability of MTsN 20 Jakarta students and is one of the learning strategies that can use at MTsN 20 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Romdani, M.Pd 2. Ahmad Marzuq, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 642 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2020 15:28 |
Last Modified: | 20 Mar 2020 15:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3855 |
Actions (login required)
View Item |