PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL CAMPURAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP CANDLE TREE KELAS 9 TAHUN AJARAN 2022/2023 SEMESTER GANJIL

STEVEN TAMA NYGUEL, . (2023) PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL CAMPURAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP CANDLE TREE KELAS 9 TAHUN AJARAN 2022/2023 SEMESTER GANJIL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)
[img] Text
(rev)LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Seni Musik yang digunakan dalam pengajaran peserta didik kelas 9 di SMP Candle Tree tahun ajaran 2022/2023. Waktu dan tempat penelitian dimulai dari bulan November tahun 2022 sampai bulan Januari tahun 2023 di SMP Candle Tree, Jl. Jati Jelupang No.1, Jelupang, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Objek penelitian yaitu pembelajaran Seni Musik. Subjek penelitian yaitu pendidik. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan membuat catatan lapangan, membuat transkrip wawancara, menyusun dan mencari data dari wawancara yang telah direkam sebelumnya, kemudian melakukan transkrip wawancara ke dalam bentuk tabel, membuat catatan lapangan dan mencari data, juga melakukan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Seni Musik kelas 9 menggunakan metode pembelajaran diskusi, metode demonstrasi, metode drill, dan metode tutor sebaya. Kelebihan menggunakan metode ini adalah peserta didik diaktifkan lewat diskusi, peserta didik memperhatikan demonstrasi pendidik, lalu langsung mencoba mempraktekkan. Pemberian motivasi juga dilakukan, dan pendidik mendengar masukan peserta didik dalam menentukan materi lagu. ***** The purpose of this study was to find out the learning process of musical arts used in teaching 9th grader students at Candle Tree Junior High School for the 2022/2023 academic year. Time and place of research starting from November 2022 to January 2023 at Candle Tree Junior High School, Jl. Jati Jelupang No.1, Jelupang, Kec. North Serpong, South Tangerang City, Banten. The research method used is a qualitative research method. The object of research is the learning of musical art. The research subjects are educators. Data collection uses observation, interview, documentation, and triangulation techniques. Data analysis was conducted by making field notes, making interview transcripts, compiling and searching for data from pre-recorded interviews, then transcribing interview transcripts in table form, making field notes and searching for data, as well as carrying out documentation. The results of the research show that the learning process of musical art used in teaching 9th graders uses the discussion learning method, the demonstration method, the drill method, and the peer teaching method. The advantage of using this method is that students are activated through discussion, students pay attention to teacher demonstrations, then immediately try to practice. Giving motivation is also conducted, and educators listen to students' input in determining song material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lucy Martiati Nst, M.Pd. ; 2). Dr. Clemy Ikasari Ichwan, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 17618 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2023 00:07
Last Modified: 16 Mar 2023 00:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38555

Actions (login required)

View Item View Item