PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS DI SMA ANGKASA 1 HALIM SISWA KELAS X

KEVIN ALKHAIRI SETIAWAN, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS DI SMA ANGKASA 1 HALIM SISWA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis PowerPoint Interaktif keterampilan menyimak bahasa Prancis di SMA kelas X. Metode yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analysis (analisis)¸ development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap development (pengembangan). Media pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan materi saluer et prendre congé dan se présenter pada keterampilan menyimak bahasa Prancis siswa SMA kelas X. Berdasarkan hasil pengembangan tersebut terbentuk PowerPoint interaktif yang dapat diakses dengan laptop atau telepon genggam dengan catatan sudah memiliki dokumen. Menu utama pada PowerPoint interaktif terdiri dari guide, tujuan, CPL, dan KD, vidéo, leçon, quiz, profil dan référence. Hasil analisis uji validasi pada media pembelajaran tersebut telah divalidasi oleh validator ahli media dan materi dengan mendapatkan nilai 95,3% sehingga termasuk dalam kriteria ‘sangat layak’ untuk diterapkan ke dalam pembelajaran dan layak untuk uji cobakan setelah melalui revisi. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai media alternatif pembelajaran yang dapat diakses dengan mudah kapan dan di mana saja untuk siswa. ***** This study aims to develop interactive PowerPoint-based learning media for French listening skills in class X high school. The method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE research model which has 5 stages namely analysis, development, implementation, and evaluation. This research is only limited to the development stage. The learning media developed is in accordance with the material saluer et prendre congé and se présenter on the French listening skills of high school students grade X. Based on the results of this development, an interactive PowerPoint is formed which can be accessed with a laptop or cellphone provided that it already has a document. The main menu in interactive PowerPoint consists of guide, objectives, learning outcomes, and basic abilities, video, learning, quiz, profile and reference. The results of the validation test analysis on the learning media have been validated by media and material expert validators by getting a score of 95.3% so that it is included in the criteria 'very eligible' to be applied to learning and is suitable for testing after going through revisions. The results of research are expected to be used as an alternative learning media that can be accessed easily anytime and anywhere for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ratna, S.Pd., M.Hum ; 2). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 17748 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2023 00:11
Last Modified: 16 Mar 2023 00:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38563

Actions (login required)

View Item View Item