IRENE IVON AFIANI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS X SMA FRANSISKUS 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (704kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android keterampilan membaca bahasa Prancis kelas X di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis (analisis), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun, dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap ketiga yaitu tahap development (pengembangan). Media pembelajaran dikembangkan berdasarkan materi keterampilan membaca siswa kelas X. Dari hasil pengembangan tersebut terciptalah sebuah aplikasi android yang dapat diakses melalui smartphone. Media pembelajaran tersebut dinamakan “Languese” yang terdiri dari menu tujuan dan KD, petunjuk penggunaan, vidéo, leçon, quiz, profil dan références. Media pembelajaraan ini telah melalui validasi oleh ahli media dan materi dengan mendapatkan nilai sebesar 93,75% dan termasuk dalam kriteria sangat layak untuk diterapkan ke dalam pembelajaran dan layak untuk uji coba setelah melalui proses revisi. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai media alternatif pembelajaran yang dapat diakses dengan mudah kapan dan dimana saja untuk siswa. This research aims to develop android-based learning media in French reading skills for class 10th grade in high school. The method used in this research is Research and Development (R&D), and used ADDIE model which consists of five stages, namely analysis, development, implementation, and evaluation, but in this study it is only limited to the third stage, namely the development stage. The learning media was developed based on reading skill material of 10th grade and produces an android application that can be access via smartphone. This media named “Languese” which consists of menu of objectives and KD, instructions for use, vidéo, leçon, quiz, profile and référence. This learning media has been validated by media and material experts by getting a score of 93.75% and in categorized very feasible criteria to be applied to learning with remark that it is suitable for trial after revision and can be used as an alternative learning media that can be acces anywhere and anytime for students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ratna, S.Pd., M.Hum. ; 2). Yunilis Andika, S.Pd., M.Li |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Users 17537 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 06:28 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 06:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38580 |
Actions (login required)
View Item |