HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MUSIK PESERTA DIDIK SMPN 115 JAKARTA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO

BRENDA EVANGELISTA, . (2023) HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MUSIK PESERTA DIDIK SMPN 115 JAKARTA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMPN 115 Jakarta dengan populasi peserta didik kelas VIII dan sample yang dipilih adalah kelas VIII-E, dengan teknik pengambilan sample pada penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah hasil belajar pretest dan posttest, serta wawancara dengan pendidik mata pelajaran musik. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik analisa yang dilakukan untuk menganalisis data dilakukan analisis deskriptif dan analisis inferensial pada data hasil belajar pretest dan posttest dengan bantuan software SPSS seri 25. Hasil penelitian ini ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar mata pelajaran musik peserta didik kelas VIII-E SMPN 115 Jakarta. ***** This study aims to determine the effect resulting from video-based learning media on student learning outcomes. This research was conducted at SMPN 115 Jakarta with a population of class VIII students and the sample selected was class VIII-E, the sampling technique in this study was carried out by random sampling technique. The research instrument used was pretest and posttest learning outcomes, as well as interviews with music educators. Data collection is done by conducting interviews, documentation, and observation. The research method used is method experimental with One Group Pretest-Posttest design. The analysis technique used to analyze the data was carried out descriptive analysis and inferential analysis on the pretest and posttest learning outcomes data with the help of SPSS series 25 software. The results of this study are that there is a significant effect on video-based learning media on the learning outcomes of class students' music subjects VIII-E SMPN 115 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Caecilia Hardiarini, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 17776 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:12
Last Modified: 20 Mar 2023 01:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38595

Actions (login required)

View Item View Item