PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

KUKUH WILLI DEVELA FRISKA, . (2023) PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (870kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
06. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
07. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kukuh Willi Devela Friska, Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta, Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prokrastinasi akademik pada enam mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta tahun angkatan 2019, 2020, dan 2021. Peneliti melakukan penelitian mulai bulan April 2022 sampai dengan bulan Januari 2023 di Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling untuk menentukan informan kunci dan informan inti. Informan kunci dalam penelitian ini adalah enam mahasiswa penanggung jawab (PJ) mata kuliah Pendidikan Sejarah angkatan tahun 2019, 2020, dan 2021. Setelah mendapat informasi dan keterangan dari informan kunci kemudian peneliti memilih enam mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah yaitu, FA dan MI dari angkatan 2019, HA dan ASA dari angkatan 2020, serta AES dan SAN angkatan tahun 2021 untuk menjadi informan inti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FA, MI, HA, ASA, AES, dan SAN melakukan prokrastinasi. Prokrastinasi yang terjadi disebabkan karena prokrastinator sibuk dengan kegiatan kampus, mendapat kendala jaringan, bermain dengan teman, tugas terlalu sulit, lamanya tenggat pengumpulan tugas, bermain dengan teman, bermain game, dan menonton serial. Sesuai dengan penyebab prokrastinasinya, prokrastinator digolongkan menjadi dua kelompok yaitu, prokrastinator normal (normal procrastinator) dan prokrastinator sejati (real procrastinator). Prokrastinator normal melakukan penundaan karena faktor kesibukan atau faktor penghambat yang tidak dikehendakinya. Sedangkan prokrastinator sejati melakukan penundaan karena mengutamakan bersenangsenang terlebih dahulu. Prokrastinasi memiliki dampak buruk berupa hasil penyelesaian tugas yang tidak maksimal dan rasa panik saat terburu-buru menyelesaikan tugas. Namun, prokrastinasi juga memiliki dampak baik yaitu mahasiswa menjadi fokus dan berpikir kreatif dalam mengerjakan tugas. Kata Kunci : Prokrastinasi, Mahasiswa, Akademik, Tugas. This research sought to describe academic procrastination in six History Education students at State University of Jakarta in the class years 2019, 2020, and 2021. Researchers conducted research from April 2022 to January 2023 at the Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta. Researchers used qualitative methods with data collection techniques through interviews, observation, and documentation. In the data collection process, researchers used purposive sampling techniques to determine key informants and core informants. The key informants in this study were six students in charge (PJ) of the History Education course in 2019, 2020, and 2021. After obtaining information and information from key informants, the researchers selected six students of the History Education study program, namely, FA and MI from the 2019 batch, HA and ASA from the 2020 batch, and AES and SAN from the 2021 batch to become core informants. The results showed that FA, MI, HA, ASA, AES, and SAN procrastinated. Procrastination that occurs is caused by procrastinators being busy with campus activities, getting network problems, playing with friends, the task is too difficult, the length of the deadline for collecting assignments, playing with friends, playing games, and watching series. In accordance with the causes of procrastination, procrastinators are classified into two groups, namely, normal procrastinators and real procrastinators. Normal procrastinators procrastinate due to busyness or unwanted inhibiting factors. Meanwhile, real procrastinators procrastinate because they prioritize having fun first. Procrastination has adverse effects in the form of suboptimal task completion results and panic when rushing to complete tasks. However, procrastination also has a good impact, namely students becoming focused and thinking creatively in doing tasks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Djunaidi, M.Hum. 2). Dra. Ratu Husmiati, M.Hum.
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 16905 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:11
Last Modified: 15 Mar 2023 01:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38600

Actions (login required)

View Item View Item