UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA KOTAK KATA BERGAMBAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM AS-SYAHID, METLAND CILEUNGSI, BOGOR)

MEILIA INTAN UTAMI, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA KOTAK KATA BERGAMBAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM AS-SYAHID, METLAND CILEUNGSI, BOGOR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER-1625254552.pdf

Download (145kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
4.LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (215kB)
[img] Text
5.SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
6.KATA PENGANTAR.pdf

Download (203kB)
[img] Text
7.DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
8.BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
9.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
10.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text
12.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
14.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
15.RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tidakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam As-Syahid, Metland Cileungsi melalui penggunaan media kotak kata bergambar pada anak kelompok B. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2019. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Islam As-Syahid dengan jumlah 14 murid dengan kemampuan membaca permulaan yang masih kurang. Persentase keberhasilan yang disepakati oleh peneliti dan kolaborator mencapai 71%. Hasil analisis data pada pra-penelitian didapat jumlah persentase sebesar 43,69%. Setelah diberi tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan persentase sebesar 61,95%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target yang disepakati, maka peneliti dan kolaborator melanjutkan siklus II dengan peningkatan persentase sebesar 80,36%. Kegiatan yang dilakukan sejak pra-penelitian sampai siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 36,40%. Hal tersebut membuktikan bahwa tindakan yang dilakukan telah mencapai target yang ditentukan dan dikatakan berhasil. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan membaca anak usia dini dapat meningkat dengan menggunakan media kotak kata bergambar. This class action research aims to improve early reading skills in children aged 5-6 years in As-Syahid Islamic Kindergarten, Metland Cileungsi through the use of pictorial word box media for group B children. The study was conducted from July to September 2019. The method used is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, acting, observing (observation), and reflecting (reflection). The subject of this study was group B in As-Syahid Islamic Kindergarten in total of 14 students with poor initial reading skills. The percentage of success agreed by researchers and collaborators reached 71%. The results of data analysis in the pre-study obtained a percentage of 43.69%. After being given action in the first cycle, an increase in the percentage of 61.95%. The data obtained in the first cycle had not yet reached the agreed target, so researchers and collaborators continued the second cycle with a percentage increase of 80.36%. Activities carried out from pre-research until the second cycle showed an increase of 36.40%. This proves that the action taken has reached the specified target and is said to be successful. The qualitative findings obtained that the ability to read early childhood can be improved by using pictorial word box media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R. Sihadi D. Wihardjo, M.Pd. ; 2). Dr. Sri Wulan, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 508 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2020 10:57
Last Modified: 26 Mar 2020 10:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3865

Actions (login required)

View Item View Item