RIVALDIANSYAH, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH BELAJAR DAN KINERJA DI PROGRAM STUDI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (775kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (576kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa e-modul mata kuliah Belajar dan Kinerja di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Produk e-modul ini merupakan media pembelajaran baru yang dibuat berdasarkan media pembelajaran yang digunakan sebelumnya berupa buku cetak. E-modul dikembangkan dengan menerapkan model pengembangan Rapid Prototyping yang terdiri dari lima tahapan, yakni Assesss Needs and Analyze Content, Set Objectives, Construct Prototype, Utilize Prototype, dan Install and Maintain System. Hasil penelitian ini adalah e-modul mata kuliah Belajar dan Kinerja yang menyajikan seluruh materi perkuliahan selama satu semester dalam format HTML dan disematkan pada Learning Management System Universitas Negeri Jakarta. Produk e-modul ini telah melalui evaluasi dari para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Berdasarkan data kualitatif yang diperoleh dari para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran yang ditinjau dari aspek karakteristik e-modul, komponen e-modul, desain pesan e-modul, dan elemen storytelling. Produk e-modul ini juga telah melalui uji coba pengguna dan mendapat respon yang mayoritas menyatakan bahwa e-modul sudah sesuai dengan berbagai aspek yang terdapat dalam instrumen evaluasi formatif sehingga disimpulkan layak digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah Belajar dan Kinerja. This development research aims to produce learning products in the form of e-modules for the Learning and Performance course in the Educational Technology Study Program, State University of Jakarta. This e-module product is a new learning media created based on previously used learning resources in the form of printed books. The e-module was developed by applying the Rapid Prototyping development model which consists of five stages, namely Assesss Needs and Analyze Content, Set Objectives, Construct Prototype, Utilize Prototype, and Install and Maintain System. The results of this research are the Learning and Performance course e-module which presents all learning material for one semester in HTML format and is embedded in the Learning Management System at the State University of Jakarta. This e-module product has been evaluated by experts consisting of material experts, media experts, and learning design experts. Based on the qualitative data obtained from these experts, it can be concluded that e-modules are appropriate for use as learning media in terms of the characteristics of e-modules, e-module components, e-module message designs, and storytelling elements. This e-module product has also gone through user trials and received a majority of responses stating that the e-module is in accordance with the various aspects contained in the formative evaluation instrument so that it is concluded that it is suitable for use as a learning medium for Learning and Performance courses.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Diana Ariani, M.Pd. ; 2). Retno Widyaningrum, S.Kom., M.M. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 18005 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 05:25 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 05:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38682 |
Actions (login required)
View Item |