TINGKAT KESESUAIAN LATIHAN BAHASA PRANCIS DALAM SITUS APPRENDRE.TV5MONDE.COM DENGAN CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS TINGKAT A2 DI SMA

ISMI NUR DWI CAHYANI, . (2023) TINGKAT KESESUAIAN LATIHAN BAHASA PRANCIS DALAM SITUS APPRENDRE.TV5MONDE.COM DENGAN CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS TINGKAT A2 DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian latihan Bahasa Prancis dalam situs pembelajaran apprendre.tv5monde.com dengan capaian belajar Bahasa Prancis tingkat A2 di SMA. Dalam upaya memaksimalkan tujuan kurikulum merdeka belajar, situs pembelajaran apprendre.tv5monde.com merupakan salah satu sumber belajar alternatif yang menyediakan latihan Bahasa Prancis untuk mendukung siswa dalam belajar Bahasa Prancis secara mandiri dan bebas. Namun, pemanfaatan situs belajar sebagai sumber belajar seyogyanya harus sesuai dengan capaian pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dan menggunakan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Sumber data yang digunakan adalah latihan bahasa Prancis dalam situs apprendre.tv5monde.com. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode checklist. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat sebanyak 34 latihan yang sesuai dengan capaian pembelajaran Bahasa Prancis SMA tingkat A2 berdasarkan CECR dari total 41 latihan. Hasil perhitungan tersebut kemudian dihitung dengan menggunakan perhitungan presentase dengan hasil persentase sebesar 82.92%. Maka sesuai kriteria persentase kesesuaian oleh Arikunto (2006), latihan Bahasa Prancis dalam situs pembelajaran apprendre.tv5monde.com sesuai dengan capaian pembelajaran SMA tingkat A2. ***** This study aims to determine the suitability of French practice in apprendre.tv5monde.com learning sites with the achievement of learning French at the A2 level in high school. In an effort to maximize the objectives of the independent learning curriculum, apprendre.tv5monde.com learning site is one of the alternative learning resources that provides French exercises to support students in learning French independently and freely. However, the use of learning sites as learning resources should be in accordance with learning outcomes so that learning objectives can be achieved properly. This research is a qualitative research using content analysis techniques and documentation studies as data collection techniques. The data source used is French practice on the apprendre.tv5monde.com site. The data that has been collected was analyzed using the checklist method. The results of this study indicate that there are 34 exercises that are in accordance with the learning outcomes of high school French level A2 based on CECR from a total of 41 exercises. The results of the analysis are then calculated using a percentage calculation with a percentage result of 82.92%. Thus, according to the criteria for percentage of conformity by Arikunto (2006), French exercises on learning sites apprendre.tv5monde.com in accordance with the learning outcomes of A2 level high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd. ; 2). Ratna, S.Pd, M.Hum
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 17535 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2023 00:54
Last Modified: 28 Mar 2023 00:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38702

Actions (login required)

View Item View Item