EKSISTENSI KELOMPOK USAHA BERSAMA INSAN SEJAHTERA SEBAGAI MEDIA MARKETING POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

MUHAMAD ANDI PRABOWO, . (2023) EKSISTENSI KELOMPOK USAHA BERSAMA INSAN SEJAHTERA SEBAGAI MEDIA MARKETING POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguraikan perkembangan dan struktur kegiatan dari Kelompok Usaha Bersama Insan Sejahtera. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kelompok Usaha Bersama Insan Sejahtera berfungsi sebagai media marketing politik Partai Keadilan Sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Gedung Kelompok Usaha Bersama Insan Sejahtera (KUBIS) yang berlokasi di Saung SDIT Uswatun Hasanah, Kp. Kebandungan, Desa Sirnagalih, Tamansari, Kabupaten Bogor. Selain itu penelitian ini juga dilakukan di Sekretariat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berlokasi di Gg. Pala, Jalan Ciapus, Desa Sirnagalih, Tamansari, Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2022 hingga bulan November 2022. Subjek penelitian terdiri dari 5 orang informan yakni 4 pengurus KUBIS dan 1 anggota KUBIS yang pada dasarnya menjadi bagian dari anggota PKS. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada informan, observasi di lokasi penelitian, dan dokumentasi yang yang diperoleh dari informan serta dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian ini adalah adanya perkembangan KUBIS dalam peningkatan keanggotaan, jaringan, dan program. Secara struktural, pengurus KUBIS merupakan bagian dari anggota PKS. KUBIS melaksanakan dua program diantaranya program pertama yaitu program utama yang terdiri dari KUBIZZMART, Kantin KUBIS, dan KUBIS Farm, serta program kedua yaitu program pembinaan yang disebut sebagai Unit Pembinaan Anggota. Keberlangsungan program KUBIS dimanfaatkan oleh PKS untuk mekanisme marketing politik. Adanya unsur politik PKS didalam KUBIS tidak terlepas dari positioning politik yang dilakukan dalam seluruh pelaksanaan program KUBIS. Pelaksanaan program KUBIS bersifat profesional, tetapi juga mengandung unsur politik. Program KUBIS bukan hanya berdampak secara ekonomi, tetapi juga berdampak secara politik terkhusus dalam citra politik partai PKS dengan adanya pembentukan image partai dan peningkatan konstituen untuk masyarakat umum dan masyarakat antipati. Kata Kunci : Marketing Politik, Positioning Politik, Citra Politik. This study aims to describe the development and structure of the activities of the Kelompok Usaha Bersama Insan Sejahtera. In addition, this study aims to find out whether the Kelompok Usaha Bersama Insan Sejahtera as a political marketing medium for the Partai Keadilan Sejahtera. This research uses a qualitative method with a descriptive qualitative approach. This research was conducted at the Kelompok Usaha Bersama Insan Sejahtera (KUBIS) Building located at Saung SDIT Uswatun Hasanah, Kp. Kebandungan, Sirnagalih Village, Tamansari, Bogor Regency. In addition, this research was also conducted at the Secretariat of the Partai Keadilan Sejahtera (PKS) located in Gg. Pala, Ciapus Street, Sirnagalih Village, Tamansari, Bogor Regency. This research was conducted from July 2022 to November 2022. The research subjects consisted of 5 informants namely 4 KUBIS administrators and 1 KUBIS member who basically became part of PKS members. Data collection was carried out by in-depth interviews with informants, observations at the research site, and documentation obtained from informants as well as direct documentation. The result of this research is the development of KUBIS in improvement, network, and program. Structurally, KUBIS management is part of PKS members. KUBIS implements two programs including the first program which is the program utama which consists of KUBIZZMART, Kantin KUBIS, and KUBIS Farm, as well as the second program which is a program pembinaan called the Unit Pembinaan Anggota. The KUBIS sustainability program is utilized by PKS as a political marketing mechanism. The existence of PKS political elements in KUBIS is inseparable from the political positioning carried out in the entire implementation of the KUBIS program. The implementation of the KUBIS program is professional in nature, but also contains political elements. The KUBIS program does not only have an economic impact, but also has a political impact, especially in the political image of the PKS party with the formation of the party's image and increasing constituents for the general public and antipathy people. Keywords: Political Marketing, Political Positioning, Political Image.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdul Rahman Hamid, S.H., M.H. 2). Dr. Asep Suryana, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Politik > Institusi politik (Indonesia)
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 17022 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2023 00:28
Last Modified: 20 Mar 2023 00:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38717

Actions (login required)

View Item View Item