PENGEMBANGAN KOMIK ELEKTRONIK TEKS ANEKDOT UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA

DEWI FATIMAH HARDIYANTI, . (2023) PENGEMBANGAN KOMIK ELEKTRONIK TEKS ANEKDOT UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa komik elektronik (e-comic) dengan nama produk “E-comic Teks Anekdot” untuk siswa Sekolah Menengah Atas kelas X. Media komik elektronik ini dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi siswa SMA kelas X dalam mempelajari materi teks anekdot pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk komik elektronik (e-comic) yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempelajari teks anekdot. Pengembangan komik elektronik pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Evaluasi pada penelitian pengembangan ini menggunakan evaluasi formatif yang terdiri dari expert review (ahli materi dan ahli media); uji coba one to one; uji coba small group; dan field test. Evaluasi tersebut melibatkan satu ahli materi, satu ahli media, dan 34 pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi expert review, one to one, dan small group, didapatkan berbagai tanggapan positif dari setiap evaluasi dan juga saran perbaikan yang diterapkan guna meningkatkan kualitas produk. Pada tahap field test, dari 34 siswa yang berpartisipasi didapatkan hasil skor rata-rata pre-test yaitu 55,44 dan skor rata-rata post-test yaitu 77,21 yang mana dapat diartikan hasil skor rata-rata post-test sudah memenuhi nilai kriteria kelulusan minimal dan rata-rata siswa sudah dapat mempelajari teks anekdot dengan baik menggunakan komik elektronik. Selain itu, juga terdapat perbedaan yang signifikan dilihat dari hasil pre-test dan post-test siswa dalam mempelajari teks anekdot menggunakan komik elektronik (e-comic) berdasarkan hasil dari uji-t berpasangan yang diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Hasil uji N-Gain sebesar 0,49 juga dapat diinterpretasikan bahwa besar pengaruh atau sumbangan efektifnya media komik elektronik (e-comic)¬ dalam membantu siswa belajar teks anekdot dikategorikan sedang atau cukup efektif. This development research created a learning media in the form of electronic comics (e-comics) with the product name “Anecdotal Text E-comics” for class X high school students. This electronic comic media can be used to help students in class X study anecdotal text material in Indonesian subjects. This development research aims to create electronic comic products (e-comics) that can be used as learning media when studying anecdotal texts. In this research, the development of electronic comics uses the ADDIE development model, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. This development research employs formative evaluation, which includes expert reviews (material experts and media experts), one to-one trials, small group trials, and field tests. One material expert, one media expert, and 34 users participated in the evaluation. Based on the evaluation findings of expert reviews, one-to-ones, and small groups, varied positive responses were acquired from each evaluation, as well as suggestions for improvements implemented to increase product quality. At the field test stage, the average pre-test score of the 34 participating students was 55.44, and the post-test average score was 77.21, indicating that the post-test average score met the criterion. The minimum passing criteria were met, and the typical student could learn anecdotal texts well using electronic comis. Furthermore, a significant difference is seen in the results of the pre-test and post-test of students in studying anecdotal texts utilizing electronic comics (e-comics) based on the findings of the paired t-test, which is known as the sig. (2-tailed) of 0.0 &lt; 0.05. The N-Gain test result of 0.49 indicates that the influence or contribution of electronic comic media (e-comics) in assisting students in learning anecdotal texts is moderate or quite effective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Cecep Kustandi, M.Pd. ; 2). Dr. Khaerudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 18016 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2023 05:30
Last Modified: 27 Mar 2023 05:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38745

Actions (login required)

View Item View Item