PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VI SDIT AL-AMANAH RAWAMANGUN

RINA AGUSTINA, . (2023) PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VI SDIT AL-AMANAH RAWAMANGUN. Sarjana thesis, UNIIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (504kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media website pembelajaran Tahfidz Al-Quran untuk kelas VI SDIT Al-Amanah Rawamangun. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Teaching Research System yang terdiri dari 3 tahapan yaitu (1) Mendefinisikan dan mengelola sistem website pembelajaran tahfidz Al-Quran; (2) Menganalisis desain website pembelajaran tahfidz Al-Quran; (3) Mengembangkan dan menilai website pembelajaran Al-Quran. Hasil dari uji coba ahli materi berupa wawancara memperoleh saran perbaikan berupa kalimat materi instruksi yang diperlembut dan audio murrotal per ayat diganti dengan audio suara anak-anak atau remaja. Uji coba ahli media berupa wawancara memperoleh saran perbaikan berupa pengadaan komponen-komponen yang seharusnya bisa bisa diakses dengan mudah seperti peta konsep dan video petunjuk penggunaan. Uji coba one to one berupa wawancara memperoleh masukan berupa perbaikan-perbaikan yang bersifat teknis dari fitur yang telah ada. Pada uji coba lapangan menggunakan skala likert memperoleh nilai (3,86) dengan keterangan sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan hasil belajarnya, terbukti dari perbandingan dengan nilai hafalan saat UTS sebelumnya. Setiap peserta didik berhasil melampaui nilai ketuntasan minimal (70) setelah menggunakan media ini. This development research aims to produce a product in the form of Al-Quran Tahfidz learning website media for grade VI SDIT Al-Amanah Rawamangun. This development research uses the Teaching Research System development model which consists of 3 stages, namely (1) Defining and managing the Al-Quran Tahfidz learning website system; (2) Analyzing the design of the Al-Quran Tahfidz learning website; (3) Developing and assessing the Al-Quran learning website. The results of the material expert trial in the form of interviews obtained suggestions for improvement in the form of softened instruction material sentences and the murrotal audio per verse was replaced with children's or teenage voice audio. Media expert trials in the form of interviews obtained suggestions for improvement in the form of procurement of components that could be accessed easily such as concept maps and instructional videos. The one-to-one trial in the form of interviews obtained input in the form of technical improvements to existing features. The field test using a Likert scale earned a score of (3.86) with a very good description and is suitable for use as a learning media that can help students to improve their learning outcomes, as evidenced by the comparison with the memorization value during the previous midterm exam. Each learner managed to exceed the minimum completeness value (70) after using this media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 18061 not found.
Date Deposited: 10 May 2023 02:08
Last Modified: 10 May 2023 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38750

Actions (login required)

View Item View Item