STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 70 JAKARTA

MUHAMAD ADITYA ZAHRAN, . (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 70 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah ramah anak di SMA Negeri 70 Jakarta. Sub fokus pada penelitian ini yakni 5 prinsip dalam pelaksanaan kebijakan sekolah ramah anak, diantaranya nondiskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hidup; kelangsungan hidup dan perkembangan, penghormatan terhadap pandangan anak dan pengelolaan yang baik. Penelitian ini dilakukan pada bulan April hingga Oktober 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang humas dan sarpras, guru dan peserta didik di SMA Negeri 70 Jakarta. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan sekolah ramah anak melalui prinsip-prinsipnya memiliki strategi dalam pelaksanaannya, diantaranya pembentukan Tim Sekolah Ramah Anak, pembentukan Agen Perubahan, pelaksanaaan Standarisasi Sekolah Ramah Anak, perbaikan dan pengadaan sarana dan prasarana sekolah dalam menunjang kegiatan pembelajaran dan perkembangan peserta didik di sekolah, pelaksanaan kegiatan keagamaan secara adil dan tidak membedakan, pembentukan tata tertib berstandar sekolah ramah anak, dan pelaksanaan pembelajaran yang berfokus pada peserta didik dalam upaya memenuhi kepentingan dan kebutuhan dari peserta didik itu sendiri. Selain itu dalam pelaksanaan kebijakan sekolah ramah anak di SMA Negeri 70 Jakarta memiliki target yang harus di capai yakni menghilangkan perundungan, kekerasan seksual dan intoleransi. Serta pelaksanaan kebijakan sekolah ramah anak yang diperbarui terus menerus setiap tahunnya dalam upaya memperhatikan keberagaman peserta didik yang berganti setiap tahunnya. Kata kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Sekolah Ramah Anak The purpose of this research is about to find out how the principal's strategy in realizing child-friendly school at SMA Negeri 70 Jakarta. The sub focus of this research is the 5 principles in implementing child-friendly school policies, including non-discrimination, the best interests of children, life; survival and development, respect for the child’s view and good management. This research was conducted from April to October 2022. The method used in this research is a qualitative approach with a descriptive method. Data collection was carried out by interviews, observation and documentation studies. The informants in this study were school principals, vice principals for student affairs, vice principals for public relations and infrastructure, teachers and students at SMA Negeri 70 Jakarta. This research shows that in implementing child-friendly schools through its principles, it has a strategy in its implementation, including forming a Child-Friendly School Team, forming “Agen Perubahan”, implementing Child-Friendly School Standards, repairing and procuring school facilities and infrastructure to support learning activities and student development in schools, carrying out religious activities in a fair and non-discriminatory manner, establishing standard child-friendly school rules, and implementing learning that focuses on students in an effort to meet the interests and needs of the students themselves. Apart from that, in implementing the child-friendly school policy at SMA Negeri 70 Jakarta, there is a target that must be achieved, namely eliminating bullying, sexual violence and intolerance. As well as the implementation of child-friendly school policies which are updated continuously every year in an effort to pay attention to the diversity of students who change every year. Keywords: Strategy, Principal, Child Friendly School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Siti Zulaikha, S. Ag., M. Pd. ; 2) Dimas Kurnia Robby, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 18063 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:04
Last Modified: 05 Apr 2023 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38754

Actions (login required)

View Item View Item