OKTA HARISANTI PRATAMA, . (2023) MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU DI SMA NEGERI 20 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (407kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dalam supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru. Sub fokus dari penelitian ini adalah perencanaan dan pelaksanaan dalam kegiatan supervisi akademik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga September 2022. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah serta guru di SMA Negeri 20 Jakarta. Penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi mengajar dapat membantu guru dalam menilai atau mengevaluasi kekurangan dan kelebihan yang dimiliki guru. Kemudian, dengan adanya supervisi akademik memberikan manfaat bagi guru dalam melihat apakah sudah tepat dalam system pengajaran sebagaimana yang semestinya untuk memotivasi guru untuk lebih baik lagi kedepannya. Kemudian, diharapkan adanya perubahan dalam hal mengajar serta guru dan siswa harus sama-sama dapat menyesuaikan perubahaan saat ini. This study aims to determine management in academic supervision in improving teacher teaching competence. The sub focus of this research is the planning and implementation of academic supervision activities. This research was conducted from March to September 2022. The method used in conducting this research is a qualitative approach with a descriptive method. Data collection was carried out through interviews, observation and documentation studies. Informants in this study included school principals, vice principals and teachers at SMA Negeri 20 Jakarta. Research shows that the implementation of academic supervision in improving teaching competence can assist teachers in assessing or evaluating the strengths and weaknesses of teachers. Then, the existence of academic supervision provides benefits for teachers in seeing whether it is appropriate in the teaching system as it should be to motivate teachers to be even better in the future. Then, it is hoped that there will be changes in terms of teaching and teachers and students must both be able to adapt to current changes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. R. Madhakomala, M.Pd. ; 2). Dr. Masduki Ahmad, SH, MM |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 18064 not found. |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 04:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38764 |
Actions (login required)
View Item |