PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, PROFESIONALITAS, BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DI KOTA BEKASI

KUSNANTO, . (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, PROFESIONALITAS, BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DI KOTA BEKASI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan perawat di Kota Bekasi. Perawat merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada pasien, pelayanan yang diberikan perawat merupakan cerminan dari pelayanan kesehataan dari rumah sakit tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan teknik analisis data menggunakan structural equation model (SEM) dengan di bantu software Amos. Di dalam penelitian melibatkan sebagian perawat rumah sakit type B di Kota Bekasi sejumlah 297 perawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perawat di bentuk secara dominan oleh variabel kepemimpinan transformasional hal ini membuktikan bahwa peran pemimpin (kepala ruangan) berdampak signifikan dalam peningkatan kualitas pelayanan perawat di bantu oleh tingkat profesionalitas perawat dalam bekerja, budaya organisasi di tempat kerja dan bentuk kompensasi yang diterima oleh para perawat selama bekerja berdampak secara signifikan terhadap kualitas pelayanan perawat. Novelty dalam penelitian ini adalah untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas pelayanan perawat di Kota bekasi hal yang harus di perhatikan yaitu Kepemimpinan transfromasional yang dimana di bantu melalui pemberian insentif yang transparan dan proporsional kemudian di berikan rangsangan intelektual kepada perawat yang dimana melahirkan dedikasi perawat yang tinggi di bantu pelaksaaan peratruan yang berlaku akan melahirkan sikap responsif (kecepat tanggapan perawat terhadap pasien yang akhirnya meningkatkan kualitas pelayanan). *****************The purpose of this study was to analyze the quality of nurse services in Bekasi City. Nurses are the frontline in providing services to patients, the services provided by nurses are a reflection of the health services of the hospital. This study uses a quantitative research approach with survey methods with data analysis techniques using structural equation models (SEM) with the help of Amos software. In the study, some 297 nurses were involved in type B hospitals in Bekasi City. The results of the study show that the quality of nurse service is shaped dominantly by transformational leadership variables. This proves that the role of the leader (head of the room) has a significant impact on improving the quality of nurse service, assisted by the level of professionalism of nurses at work, organizational culture at work, and forms of compensation that are received by nurses while working has a significant impact on the quality of nurse services. The novelty of this study is to create and improve the quality of nurse services in the city of Bekasi, the thing that must be considered is transformational leadership which is assisted through the provision of transparent and proportional incentives and then given intellectual stimulation to nurses which gives birth to the high dedication of nurses who are assisted implementation of the regulations that apply will give birth to a responsive attitude (the speed of nurse's response to patients which ultimately improves the quality of service).

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hamidah., S.E., M.Si. ; 2). Prof. Dr. Ari Saptono, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Users 18062 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2023 23:57
Last Modified: 10 Apr 2023 23:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38780

Actions (login required)

View Item View Item