PENINGKATAN SIKAP ILMIAH IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA SISWA KELAS 4 DI MIN 13 JAKARTA TIMUR

FILDZAH FATHIMAH, . (2023) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA SISWA KELAS 4 DI MIN 13 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah melalui Model Guided Inquiry pada pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 13 Jakarta Timur pada bulan Januari 2023 dengan subjek penelitian berjumlah 22 orang yang duduk di kelas IV. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan persentase sikap ilmiah meningkat dari 76,2% pada siklus I menjadi 90,5% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan sikap ilmiah pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan sikap ilmiah di kelas IV MIN 13 Jakarta Timur. ***** This research is a classroom action research (Classroom Action Research) which aims to improve scientific attitudes through guided inquiry models in science lessons. This research was conducted at MIN 13 East Jakarta in January 2023 with 22 research subjects sitting in class IV. The study was conducted in 2 cycles with 4 main activities namely planning, action, observation and reflection. The results showed the percentage of scientific attitudes increased from 76.2% in the first cycle to 90.5% in the second cycle. From the results of the study it can be stated that using the guided inquiry learning model can improve scientific attitudes in natural science subjects. From these data it can be concluded that learning natural science using guided inquiry learning models can improve scientific attitudes in class IV MIN 13 East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 18019 not found.
Date Deposited: 12 May 2023 01:32
Last Modified: 12 May 2023 05:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38802

Actions (login required)

View Item View Item