FAJAR SIDIQ SOFYAN, . (2020) PENGARUH LATIHAN IMAGERY DAN KONSENTRASI TERHADAP KECEMASAN ATLET SEKOLAH SEPAKBOLA KIZARA U-14. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER - 6315132040.pdf Download (251kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SIDANG.pdf Download (267kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (330kB) |
|
Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (139kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (200kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (329kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bahwa metode latihan konsentrasi dapat menurunkan tingkat kecemasan Atlet Sekolah Sepakbola Kizara U-14, 2) Mengetahui bahwa metode latihan imagery dapat menurunkan tingkat kecemasan Atlet Sekolah Sepakbola Kizara U-14, 3) Mengetahui metode mana yang lebih berpengaruh antara latihan imagery dan konsentrasi dalam menurunkan tingkat kecemasan Atlet Sekolah Sepakbola Kizara U-14. Penelitian ini dilakukan di lapangan sepakbola Stadion Mini Cikarang, Kabupaten Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan sampel berjumlah 39 atlet, populasi peserta yaitu atlet yang aktif di Sekolah Sepakbola Kizara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian dilakukan dalam dua kelompok. Penelitian ini menggunakan pre test and post test control group design yaitu subjek penelitian dikelompokkan menjadi dua kelompok penelitian dan mendapatkan perlakuan yang berbeda. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah dengan angket SCAT (Sport Competition Anxiety Test). Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji - t perhitungan data untuk membandingkan tes awal dan tes akhir latihan imagery dan konsentrasi terhadap kecemasan atlet Sekolah Sepakbola Kizara u-14. Dari hasil penelitian tersebut didapat hasil 1) Terdapat penurunan kecemasan yang signifikan dengan menggunakan latihan imagery, 2) Terdapat penurunan kecemasan yang signifikan dengan menggunakan latihan konsentrasi, 3) Latihan imagery lebih efektif menurunkan kecemasan dibandingkan latihan konsentrasi pada atlet Sekolah Sepakbola Kizara U-14. Maka dilakukan uji-t dan diperoleh nilai thitung sebesar 2,715 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan df (n-2) = 28 adalah 2,048, maka thitung (2,715) > ttabel (2,048), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan imagery dan latihan konsentrasi atau latihan imagery lebih efektif dibandingkan latihan konsentrasi terhadap penurunan kecemasan saat akan bertanding atlet usia 14 tahun SBB Kizara Cikarang. Dan dari hasil analisis tersebut didapatkan hasil latihan imagery lebih efektif dibanding latihan konsentrasi terhadap kecemasan atlet Sekolah Sepakbola Kizara U-14. This study aims to 1) Know that concentration training methods can reduce anxiety levels in Kizara U-14 Soccer School Athletes, 2) Know that imagery training methods can reduce anxiety levels in Kizara Soccer U-14 Athletes, 3) Know which methods are more influential between imagery training and concentration in reducing the anxiety level of Kizara U-14 Soccer School Athletes. This research was carried out at the Cikarang Mini Stadium football field, Bekasi Regency. This study was conducted with a sample of 39 athletes, the participant population is active athletes in the Kizara Soccer School. The research method used in this study is the experimental method. The study was conducted in two groups. This study uses a pre-test and post-test control group design that is research subjects grouped into two research groups and get different treatments. The instrument used to obtain data in this study was the SCAT (Sport Competition Anxiety Test) questionnaire. The data analysis technique in this research is to use the t-test data calculation to compare the initial test and the final test of imagery practice and concentration on anxiety of Kizara U-14 Soccer School athletes. From the results of these studies obtained results 1) There is a significant decrease in anxiety by using imagery training, 2) There is a significant decrease in anxiety by using concentration training, 3) Imagery training is more effective in reducing anxiety than concentration training in Kizara U-14 Soccer School athletes. Then the t-test was performed and the t-test value of 2.715 was obtained and the t-table at the significant level of 0.05 with df (n-2) = 28 was 2.048, then t-count (2.715)> t-table (2.048), so H0 was rejected and Ha was accepted meaning that there was a significant difference between imagery training and concentration training or imagery training is more effective than concentration training in reducing anxiety when competing with 14-year-old SBB athlete Kizara Cikarang. And from the results of the analysis it was found that the results of imagery training were more effective than concentration training on the anxiety of Kizara U-14 Soccer School athletes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Tirto Apriyanto, S.Pd, M.Si. ; 2). Drs. Endang Darajat, M.KM. |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan |
Divisions: | FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Users 787 not found. |
Date Deposited: | 26 Mar 2020 11:08 |
Last Modified: | 26 Mar 2020 11:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3884 |
Actions (login required)
View Item |