PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING (POINT COUNTER POINT, CONCEPT MAPPING) DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Semester IV Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Banten Jaya)

IDA NURAIDA, . (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING (POINT COUNTER POINT, CONCEPT MAPPING) DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Semester IV Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Banten Jaya). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Gabung Cover_surat pernyataan.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB 1( Watermarks).pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB 2 (Watermarks).pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 (Watermarks).pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (watermarks).pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 (Watermark).pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA(Watermarks).pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP (Watermarks).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Point Counter Point, Metode Concept Mapping dan Kepercayaan Diri Mahasiswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Banten Jaya. Penelitian ini dilaksanakan selama satu semester dimulai dari bulan Februari sampai Juni 2018. Metode eksperimen diterapkan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Kemudian, data dianalisis menggunakan uji ANOVA dua arah. Dari analisis data diketahui bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Point Counter Point dan Concept Mapping terhadap keterampilan berbicara mahasiswa, 2) Ada pengaruh yang signifikan dari Percaya Diri terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa, 3). Ada pengaruh interaksi antara Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Point Counter Point, Concept Mapping dan Kepercayaan Diri Mahasiswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa. Karena ada pengaruh interaksi maka dilakukan uji Post Hoc untuk mengetahui perbedaan pengaruh antar sel menggunakan uji Scheffe dan didapatkan bahwa 4) Mahasiswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi diajar dengan Metode Point Counter Point mendapat nilai lebih tinggi daripada yang diajarkan menggunakan Metode Concept Mapping. Deskripsi hasil dari keterampilan berbicara Bahasa inggris dengan menggunakan model pembelajaran concept mapping dan point counter point. Diperoleh nilai rata-rata (mean) untuk model pembelajaran coperatif learning concept mapping yang menggunakan kelas self Confidence sebesar 7,46, standar deviasi 1,894 dan jumlah mahasiswa sebanyak 56. Sedangkan yang memiliki self confidencenya rendah diperoleh nilai rata-rata 7,56, standar deviasi 1,264 dan jumlah mahasiswa sebanyak 50. Model pembelajaran coperatif learning point counter point untuk kelas yang memiliki self confidence tinggi sebesar 16,41, standar deviasi 1,487 dan jumlah mahasiswa sebanyak 56. Sedangkan untuk kelas yang memiliki self confidence rendah diperoleh nilai rata-rata 13,74, standar deviasi 1,853 dan jumlah mahasiswa sebanyak 50. Luaran yang di hasilkan berupa (1) Publikasi pada jurnal Internasional “The Asian EFL Journal (Published) Vol. 23 Issue No. 3.2 May 2019. (2). Publikasi pada 4th International Conference on Computer, Engineering, and Technology (ICComSet) masih di review. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Self Confidence Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. 2). Prof.Dr. Yumna Rasyid, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 16965 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:04
Last Modified: 05 Jun 2023 01:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38856

Actions (login required)

View Item View Item