EVALUASI USER EXPERIENCE PADA PLATFORM PEMBELAJARAN ONLINE MICROSOFT TEAMS MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

NURIZKA ABDILLAH, . (2023) EVALUASI USER EXPERIENCE PADA PLATFORM PEMBELAJARAN ONLINE MICROSOFT TEAMS MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Microsoft Teams adalah sebuah aplikasi dari Microsoft yang bisa digunakan di laptop ataupun handphone. Aplikasi ini digunakan untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan melakukan segala aktivitas di tempat berbeda namun masih tetap bisa terhubung. Microsoft Teams ini digunakan untuk pembelajaran daring. Dalam melaksanakan proses pembelajaran daring, antara mahasiswa dan dosen pastinya membutuhkan media pembelajaran yang baik agar mendukung proses pembelajaran. Media yang digunakan diharapkan dapat mempermudah pembelajaran dan memberi kenyamanan bagi penggunanya. Adapun aspek pada User Experience (UX) yaitu meliputi pada aspek kenyamanan pengguna dalam menggunakan aplikasi, akses kemudahan pengguna dalam mencari informasi, sistem aplikasi harus sesuai dengan keinginan pengguna, fungsi dan fitur harus dibuat dengan baik agar pengguna dapat menggunakan aplikasi dengan nyaman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengalaman pengguna terhadap aplikasi Microsoft Teams. Penelitian ini ditujukan kepada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dengan metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang kemudian di analisis menggunakan Data Analysis Tools. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai diatas rata-rata (above average) pada variabel perspicuity (1.48), efficiency (1.32), dependability (1.23), stimulation (1.34), dan novelty (1.04), sedangkan untuk variabel attractiveness memperoleh nilai dibawah rata-rata (below average) dengan nilai 1.14. ***** Microsoft Teams is an application from Microsoft that can be used on laptops or mobile phones. This application is used to communicate, work together, and do all activities in different places but still connected. Microsoft Teams is used for online learning. In carrying out the online learning process, students and lecturers certainly need good learning media to support the learning process. The media used is expected to facilitate learning and provide comfort for its users. The aspects of User Experience (UX) include aspects of user comfort in using the application, easy access for users to find information, the application system must be in accordance with user desires, functions and features must be made well so that users can use the application comfortably. This research was conducted to determine the level of user experience with the Microsoft Teams application. This research is aimed at Jakarta State University students using the User Experience Questionnaire (UEQ) method which is then analyzed using Data Analysis Tools. The results showed that the value above average on the perspicuity variable (1.48), efficiency (1.32), dependability (1.23), stimulation (1.34), and novelty (1.04), while for the attractiveness variable obtained a value below average with a value of 1.14.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Murien Nugraheni, ST.,M.Cs. ; 2). Hamidillah Ajie, S.Si, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 18140 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2023 23:26
Last Modified: 01 Aug 2023 23:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38923

Actions (login required)

View Item View Item