PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PSR 12 PADA MATA PELAJARAN PENGENDALI SISTEM ROBOTIK KELAS XII KEJURUAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 5 KOTA BEKASI

WAHYU TRILAKSONO, . (2023) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PSR 12 PADA MATA PELAJARAN PENGENDALI SISTEM ROBOTIK KELAS XII KEJURUAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 5 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Android PSR 12 pada mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik untuk peserta didik kelas XII kejuruan Teknik Elektronika Industri serta menguji tingkat kelayakan berdasarkan ahli materi, ahli media, ahli desain instruksional dan peserta didik kelas XII TEI SMKN 5 Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terbatas sampai tiga tahapan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), dan Development (Pengembangan). Produk akhir yang dihasilkan berupa aplikasi Android PSR 12 yang telah divalidasi oleh ahli media, ahli desain instruksional, dan ahli materi. Hasil uji kelayakan oleh ahli desain instruksional memperoleh persentase penilaian sebesar 95%. Hasil uji kelayakan oleh ahli media memperoleh persentase penilaian sebesar 82,7%. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh persentase penilaian sebesar 90%. Penilaian oleh peserta didik pada uji coba perorangan memperoleh penilaian sebesar 89,1% dan pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 87,6%. Sehingga berdasarkan kategori kelayakan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Android PSR 12 dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. ***** This study aims to develop learning media based on the Android PSR 12 application in the subject of Robotic System Control for class XII students of Industrial Electronics Engineering vocational class and test the level of feasibility based on material experts, media experts, instructional design experts and XII TEI class students of SMKN 5 Bekasi City. The research method used in this research is the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model which is limited to three stages, namely Analyze, Design, and Development. The final product is an Android PSR 12 application that has been validated by media experts, instructional design experts, and material experts. The results of the feasibility test by instructional design experts obtained a percentage assessment of 95%. The results of the feasibility test by media experts obtained a percentage assessment of 82.7%. The results of the feasibility test by material experts obtained a percentage assessment of 90%. Assessment by students in individual trials obtained an assessment of 89.1% and in small group trials obtained a percentage of 87.6%. So based on the feasibility category, it can be concluded that the learning media based on the Android PSR 12 application is categorized as very feasible to use as a learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd. ; 2). Drs. Pitoyo Yuliatmojo, M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 18159 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:20
Last Modified: 15 Aug 2023 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38999

Actions (login required)

View Item View Item