ISTI SYIFA, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CANVA PADA SUBMATERI KARAKTERISTIK LAPISAN-LAPISAN BUMI DI KELAS X SMA NEGERI 104 JAKARTA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (615kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (943kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar pada abad ke-21 merupakan tuntutan bagi setiap pendidik dan peserta didik. Pendidikan saat ini menekankan pada fondasi inti berupa kemampuan literasi dan numerasi, kemampuan sosial dan emosial, kesehatan, literasi digital, dan literasi data. Diperlukan media yang dapat mewadahi transfer informasi dan pengetahuan tersebut kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Canva pada submateri Karakteristik Lapisan-Lapisan Bumi terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X SMA Negeri 104 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 104 Jakarta yang terletak di Jl. H. Taiman Barat, Kelurahan Kampung Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. dengan sampel sebanyak 32 orang yang diberikan angket dan test terkait penggunaan Canva pada pembelajaran submateri Karakteristik Lapisan-Lapisan Bumi.Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada submateri karakteristik lapisan-lapisan Bumi di kelas X SMA Negeri 104 Jakarta.Pada koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,360 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas yaitu penggunaan media Canva terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar adalah sebesar 36%. ***** Teaching and learning activities in the 21st century are demands for every educator and student. Education currently emphasizes the core foundations of literacy and numeracy skills, social and emotional skills, health, digital literacy, and data literacy. Media is needed that can accommodate the transfer of information and knowledge to students. This study aims to determine the effect of using Canva media on the Characteristics of the Layers of the Earth sub-material on the learning outcomes of students in class X SMA Negeri 104 Jakarta. This research was conducted at SMA Negeri 104 Jakarta which is located on Jl. H. West Taiman, Kampung Gedong Village, Pasar Rebo District, East Jakarta. with a sample of 32 people who were given questionnaires and tests related to the use of Canva in the sub-material learning Characteristics of the Earth's Layers. Overall, the results showed that the use of Canva as a learning medium had an effect on student learning outcomes in the sub-material characteristics of the Earth's layers in class X SMA Negeri 104 Jakarta. The coefficient of determination (R Square) is 0.360 which implies that the influence of the independent variable, namely the use of Canva media on the dependent variable, namely the learning outcome is 36%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sucahyanto, M.Si. ; 2). Fauzi Ramadhoan A'Rachman.,S.Pd., M.Sc. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 18311 not found. |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 01:51 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39040 |
Actions (login required)
View Item |