PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERSEBARAN WILAYAH RAWAN BENCANA ALAM DI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK SMAN 51 JAKARTA

FAIZAH SYAFITRI, . (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERSEBARAN WILAYAH RAWAN BENCANA ALAM DI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK SMAN 51 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (971kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model discovery learning pada materi persebaran wilayah rawan bencana alam di Indonesia dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial peserta didik SMAN 51 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi terdiri dari seluruh kelas XI IPS dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari kelas eksperimen yaitu XI IPS 4 yang menggunakan model discovery learning dan kelas kontrol yaitu XI IPS 3 yang menggunakan generative learning pada proses pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan tes kemampuan berpikir spasial. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji persamaan dua rata-rata menggunakan independent sample T-test. Berdasarkan hasil pengujian, terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai kemampuan berpikir spasial peserta didik kelas eksperimen. Kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai kemampuan berpikir spasial sebesar 12,65 menjadi 80,59, kelas kontrol mengalami peningkatan nilai sebesar 6,03 menjadi 74,12. Kesimpulan ini juga diambil dari nilai Sig. pada independent sample T-test sebesar 0,00 < 0,05, terdapat perbedaan signifikan antara selisih Pre-Test dan Post-Test kelas kontrol dengan selisih Pre-Test dan Post-Test kelas eksperimen yang menunjukkan adanya pengaruh yang dibuktikan dengan terdapat peningkatan kemampuan berpikir spasial kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Peningkatan terjadi terutama pada indikator berpikir spasial aura sebesar 51% yaitu peserta didik dapat menjelaskan dampak dari keberadaan suatu wilayah bersamaan dengan faktor terjadinya bencana di lokasi yang berdekatan dan paling rendah terjadi pada indikator region sebesar 5% yaitu peserta didik dapat mendelineasi wilayah yang memiliki kesamaan jenis atau karakteristik kerawanan bencana alam di Indonesia. This study aims to determine the effect of the discovery learning model on the material of the distribution of natural disaster-prone areas in Indonesia in improving the spatial thinking skills of students of SMAN 51 Jakarta. This research uses quantitative methods with a quasi-experimental approach. The population consisted of all XI social studies classes with sampling using purposive sampling technique. The sample consisted of experimental class XI IPS 4 that used discovery learning model and control class XI IPS 3 that used generative learning in the learning process. Data collection in this study was obtained by spatial thinking ability test. The data was then analyzed using the equality test of two averages using independent sample T-test. Based on the test results, there is a significant increase in the value of spatial thinking ability of experimental class students. The experimental class experienced an increase in the value of spatial thinking ability by 12.65 to 80.59, the control class experienced an increase in value by 6.03 to 74.12. This conclusion is also taken from the Sig. value in the independent sample T-test of 0.00 <0.05, there is a significant difference between the difference between the Pre-Test and Post-Test of the control class and the difference between the Pre-Test and Post-Test of the experimental class which shows the existence of an influence as evidenced by an increase in the spatial thinking ability of the experimental class which is higher than the control class. The increase occurred mainly in the aura spatial thinking indicator by 51%, namely students can explain the impact of the existence of an area together with the factors of disaster occurrence in adjacent locations and the lowest occurred in the region indicator by 5%, namely students can delineate areas that have similar types or characteristics of natural disaster vulnerability in Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aris Munandar, S.Pd., M.Si. 2). Rayuna Handawati, S.Si., M.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18269 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:13
Last Modified: 18 Aug 2023 04:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39091

Actions (login required)

View Item View Item