EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA TAHUN 2021 MENGGUNAKAN METODE CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT (CIPP) STUDI KASUS PESERTA PERTUKARAN MAHASISWA OUTBOUND DAN INBOUND DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

EKA WIDIANINGSIH, . (2023) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA TAHUN 2021 MENGGUNAKAN METODE CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT (CIPP) STUDI KASUS PESERTA PERTUKARAN MAHASISWA OUTBOUND DAN INBOUND DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (769kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Eka Widianingsih, Evaluasi Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021 menggunakan Metode Context Input Process dan Product (CIPP) (Studi Kasus: Peserta Pertukaran Mahasiswa Outbound dan Inbound di Universitas Negeri Jakarta) Skripsi, Jakarta: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2021 yang dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta dan untuk mendeskripsikan bagaimanakah hasil evaluasi program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2021 menggunakan metode Context Input Process dan Product (CIPP). Evaluasi ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kesesuaian pelaksanaan program di Universitas Negeri Jakarta dengan Panduan Operasional Baku yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 13 orang informan penelitian. Data primer bersumber dari observasi dan wawancara, data sekunder didapatkan dari sejumlah sumber referensi. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Jakarta, Jl.Rawamangun Muka Raya No.11, RT 11/RW 14, Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Penelitian dilakukan pada bulan September-Desember tahun 2022. Triangulasi data penelitian ini terdiri dari Koordinator program, PIC, Mahasiswa Outbound, dan Mahasiswa Inbound. Teori utama yang digunakan adalah evaluasi sumatif dengan metode Context, Input Process dan Product (CIPP) yang merujuk pada pemikiran Daniel L. Stufflebeam, George F. Madaus, dan Thomas Kellaghan, dan refleksi sosiologi teori Sturktural Fungsional (AGIL) Talcott Parsons. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2021 di Universitas Negeri Jakarta telah terlaksana sesuai dengan POB, namun masih banyak mengalami kendala sehingga diberikan rekomendasi perbaikan pada penelitian ini. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka akhirnya dijadikan sebagai program berkelanjutan oleh pihak penyelenggara. Pembaruan penelitian ini adalah pada program yang dievaluasi, yaitu program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, dan belum ditemukan penelitian sejenis dengan program yang sama. Kata Kunci : Evaluasi Program, AGIL, Pertukaran Mahasiswa Merdeka ABSTRACT Eka Widianingsih, Evaluation of the Implementation Pertukaran Mahasiswa Merdeka (Independent Student Exchange) Program in 2021 using Context, Input, Process, and Product (CIPP) Methods (Case Study: Outbound and Inbound Student Exchange Participants at Jakarta State University).Undergraduate Thesis, Jakarta: Sociology Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2023. This Study aims to describe how the implementation of the Pertukaran Mahasiswa Merdeka (Independent Student Exchage) in 2021 at Jakarta State University and to describe how the evaluation result of the Pertukaran Mahasiswa Merdeka (Independent Student Exchange) program in 2021using Context, Input, Process, and Product (CIPP) Methods.This evaluation is carried out to see the extent to which the program impelemtation at Jakarta State University accordance with thw Standard Operational Guidelines. This research using a qualitative approach with a case study method. Research subject consisted of 13 research informant. Primary data used from observations and interview, secondary data from a reference. The research was conducted at Jakarta State University, Rawamangun Muka Raya No.11, RT 11/ RW 14, Rawamangun, Pulo Gadung Sub-district, East Jakarta, Special Capital Region of Jakarta. The research was conducted in September-December 2022. The data triangulation of this study consisted of Coordinator, PIC, Outbound student, and Inbound Student. The main theory used in summative evaluation is the Context, Input, Process, and Product (CIPP) method, which refers to thoughts Daniel L. Stufflebeam, George F. Madaus, and Thomas Kellaghan,amd sociological reflektions on functional structural theory (AGIL) Talcott Parsons. The results of this research are that the implementation of the Independent Student Exchange Program ini 2021 at Jakarta State University has been carried out ini accordance with the POB, but there are still many obstacles so that recommendations for improvement are given in this research. Independent Student Exchange program was finally made into a sustainable program by the organizers. This research update is on the program being evaluated, the independent student exchange program and similar research has not been founf in the same. Keywords: Program Evaluation, AGIL, Independent Student Exchange

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si. 2). Meila Riskia Fitri, S.Pd.,MA.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 18360 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:10
Last Modified: 18 Aug 2023 03:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39115

Actions (login required)

View Item View Item