PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 54 JAKARTA

ANISA JULIA RAMDHANI, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran Kartu Domino Geografi terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 54 Jakarta. Penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan sampel Purposive Sampling. Pengumpulan data yang diperoleh dari nilai soal Pre-Test dan Post-Test. Pada penelitian ini, uji instrumen, uji data sebagai persyaratan analisis, dan uji analisis data. Instrumen dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan hasil data yang telah di uji analisis data, bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang mengalami peningkatan signifikan dengan memperoleh nilai rata-rata 87,22 dari 57,63. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata dari 53,75 menjadi 81,66. Kesimpulan ini didukung dengan hasil perolehan nilai Sig. pada uji T tidak berpasangan sebesar 0,001 yang berarti H0 ditolak dan Ha terdapat pengaruh positif peningkatan hasil belajar kelas X di SMAN 54 Jakarta setelah menggunakan media Kartu Domino Geografi dalam proses pembelajaran geografi. This study aims to determine the effect of the use of learning media Domino Geography on the learning outcomes of class X students at SMAN 54 Jakarta. Experimental research with Nonequivalent Control Group Design using a control class and an experimental class using a purposive sampling sample. Collecting data obtained from the value of the Pre Test and Post-Test questions. In this research, instrument test, data test as analysis requirements, and data analysis test. The instrument is declared valid and reliable, and the data is declared normal and homogeneous. Based on the results of the data that has been tested for data analysis, that there is an influence on the learning outcomes of students in the experimental class which experienced a significant increase by obtaining an average score of 87.22 out of 57.63. While the control class obtained an average value of 53.75 to 81.66. This conclusion is supported by the results of the Sig. on the unpaired T test of 0.001 which means H0 is rejected and Ha has a positive effect on improving class X learning outcomes at SMAN 54 Jakarta after using the Domino Card Geography media in the geography learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dwi Sukanti Lestariningsih, M.Si. ; 2). Lia Kusumawati, S.Si., M.Eng.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18185 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:27
Last Modified: 18 Aug 2023 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39126

Actions (login required)

View Item View Item