PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LUDO GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOSFER KELAS X DI SMAN 17 JAKARTA

IFTAH LUTHFIANA PRAMESTI, . (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LUDO GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOSFER KELAS X DI SMAN 17 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Iftah Luthfiana Pramesti. 1402619063. Pengaruh Media Pembelajaran Ludo Geografi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Biosfer Kelas X Di SMAN 17 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran Ludo Geografi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi biosfer kelas X di SMAN 17 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design dengan dasar pertimbangan kriteria bahwa penelitian untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dalam kondisi yang terkendali dan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari treatment pada subjek yang diselidiki dengan tujuan membandingkan satu atau lebih kelompok eksperimen yang diberi treatment dengan satu kelompok pembanding yang tidak diberikan treatment. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yakni kelas X-G sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran permainan Ludo Geografi Biosfer (LUDOSFER) dan kelas X-F sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan media PowerPoint. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni, uji instrumen, uji prasyarat analisis data, dan uji hipotesis. Instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan hasil pengujian data, hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran permainan LUDOSFER terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di kelas X SMAN 17 Jakarta. Perbandingan perolehan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas eksperimen dengan rata-rata pre-test sebesar 61,32 dan post-test sebesar 84,71 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan rata-rata pre-test sebesar 58,97 dan post-test sebesar 80,29 di kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji hipotesis persamaan dua rata-rata (Independent Sample T-Test) diperoleh bahwa taraf signifikansi (Sig.) sebesar (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh positif peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas X SMAN 17 Jakarta setelah menggunakan media permainan LUDOSFER dalam proses pembelajaran geografi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, LUDOSFER, Hasil Belajar Kognitif, Biosfer Iftah Luthfiana Pramesti. 1402619063. The Influence of Ludo Geography Learning Media on Cognitive Learning Outcomes of Students in Class X Biosphere Material at SMAN 17 Jakarta. Thesis. Jakarta: Geography Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University. 2023. This study aims to determine the effect of using Ludo Geography learning media on cognitive learning outcomes of students in class X biosphere material at SMAN 17 Jakarta. This study used the Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design method on the basis of considering the criteria that research is to look for the effect of certain treatments under controlled conditions and to find out whether there are effects of treatment on the subjects investigated with the aim of comparing one or more experimental groups that are given treatment with one comparison group that is not given treatment. The sampling technique in this study used simple random sampling. The samples used in this study were class X-G as the experimental class which was given treatment using the learning media game Ludo Geography of the Biosphere (LUDOSFER) and class X-F as the control class which was given treatment using PowerPoint media. The analysis technique used in this research is instrument test, test as a prerequisite for data analysis, and hypothesis test. The research instrument is declared valid and reliable, and the data is declared normal and homogeneous. Based on the results of testing the data, the results of this study are that there is a significant effect of the LUDOSFER game learning media on the cognitive learning outcomes of students in class X SMAN 17 Jakarta. Comparison of cognitive learning outcomes of students in the experimental class with an average pre-test of 61.32 and a post-test of 84.71 which is significantly higher than the average pre-test of 58.97 and a post-test of 80.29 in the control class. Data analysis using the average two equation of hypothesis test (Independent Sample T-Test) obtained that the significance level (Sig.) was (0.000 <0.05), then H0 was rejected and Ha was accepted, so that there was a positive effect on increasing student learning outcomes in class X SMAN 17 Jakarta after using LUDOSFER game media in the geography learning process. Keywords: Learning Media, LUDOSFER, Cognitive Learning Outcomes, Biosphere

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd. 2). Dr. Cahyadi Setiawan, S.Si., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18194 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:32
Last Modified: 23 Aug 2023 04:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39182

Actions (login required)

View Item View Item