FENOMENA ANAK PUTUS SEKOLAH DI KELAS MENENGAH (Studi di Kampung Pedurenan, Kelurahan Karet Kuningan, Jakarta Selatan)

DESY RAMADANI KURNIA PUTRI, . (2023) FENOMENA ANAK PUTUS SEKOLAH DI KELAS MENENGAH (Studi di Kampung Pedurenan, Kelurahan Karet Kuningan, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Desy Ramadani Kurnia Putri, Fenomena Anak Putus Sekolah Di Kelas Menengah (Studi Di Kampung Pedurenan, Kelurahan Karet Kuningan, Jakarta Selatan) Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini secara garis besar memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang fenomena anak putus sekolah di kelas menengah di Kampung Pedurenan. Penelitian ini menunjukkan adanya faktor-faktor penyebab anak putus sekolah di kelas menengah. Pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa putus sekolah di kalangan menengah disebabkan karena berbagai faktor yaitu krisis motivasi, kenakalan remaja, orientasi akademik, kurangnya minat belajar pada anak remaja dan hamil diluar nikah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah lima informan anak putus sekolah serta informan pendukung yaitu orang tua dari anak putus sekolah dan tiga informan masyarakat sekitar yaitu satu orang yang berprofesi sebagai sekretaris di Kantor Kelurahan Karet Kuningan, satu orang Ketua RW di Kampung Pedurenan dan satu orang masyarakat yang tinggal di Kampung Pedurenan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kampung Pedurenan dan penelitian ini dimulai sejak Januari 2022 sampai Februari 2022. Hasil temuan pada penelitian ini. Pertama, latar belakang faktor yang menyebabkan anak putus sekolah dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor ekternal. Faktor internal meliputi orientasi akademik dan kurangnya minat belajar anak remaja, sedangkan faktor ekternal meliputi krisis motivasi, kenakalan remaja dan hamil diluar nikah. Hal ini dapat dikelompokkan menjadi perilaku penyimpangan, perilaku atas dasar keluarga dan perilaku atas dasar diri sendiri. Kedua, untuk menganalisa fenomena anak putus sekolah dengan konsep diri yang menyatakan bahwa konsep diri merupakan pandangan seorang individu mampu mengetahui apa yang dimilikinya yaitu kelebihan dan kekurangannya. Konsep diri ini pun sebagai pandangan, penilaian dan perasaan individu mengenai dirinya yang timbul sebagai hasil dari suatu interaksi sosial. Dalam fenomena anak putus sekolah di kelas menengah, mereka memiliki pendapat berbeda menurut versi masing-masing. Keinginan untuk berhenti sekolah muncul ketika timbul suatu hal yang membuat mereka untuk melakukan hal yang menurut mereka benar, yang pada akhirnya mereka memutuskan berhenti sekolah atas kemauan dari diri sendiri. Kata Kunci: Putus Sekolah, Kelas Menengah, Konsep Diri. ABSTRACT Desy Ramadani Kurnia Putri, The Phenomenon of Children Dropping Out in Middle Class (Study in Pedurenan Village, Karet Kuningan Village, South Jakarta) Thesis. Jakarta: Sociology Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2023. In general, this study aims to describe the phenomenon of children dropping out of school in middle class in Pedurenan Village. This study shows that there are factors that cause children to drop out of school in the middle class. This study also shows that dropouts in middle school are caused by various factors, namely motivational crisis, juvenile delinquency, academic orientation, lack of interest in learning in adolescents and being unwed pregnancy. The method used in this research is a qualitative approach, with a case study method. Research data obtained through observation, in-depth interviews and documentation. The subjects of this study were five informants of school dropouts and supporting informants, namely parents of dropout children and three informants of the surrounding community, namely one person who works as a secretary at the Karet Kuningan Village Office, one Head of RW in Pedurenan Village and one community member who lives in Pedurenan Village. The location of this research was conducted in Pedurenan Village and this research started from January 2022 to February 2022. The findings in this study. First, the background factors that cause children to drop out of school are divided into two, namely internal factors and external factors. Internal factors include academic orientation and lack of interest in learning for teenagers, while external factors include motivational crises, juvenile delinquency and pregnancy out of wedlock. This can be grouped into deviant behavior, behavior on the basis of family and behavior on the basis of oneself. Second, to analyze the phenomenon of dropout children with self-concept which states that self-concept is the view of an individual who is able to know what he has, namely his strengths and weaknesses. This self-concept is also an individual's views, judgments and feelings about himself that arise as a result of a social interaction. Regarding the phenomenon of dropouts in the middle class, they have different opinions according to their respective versions. The desire to quit school arises when something arises that makes them do what they think is right, which in the end they decide to quit school of their own volition. Keywords: Dropout, Middle class, self concept.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rakhmat Hidayat, Ph.D. 2). Devi Septiandini, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 18409 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:50
Last Modified: 21 Aug 2023 04:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39186

Actions (login required)

View Item View Item