PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 88 JAKARTA KELAS VIII

LUTFIA ALFIYANTI, . (2023) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 88 JAKARTA KELAS VIII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Video Pembelaran Di Youtube Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 88 Jakarta Kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan metode survey melalui kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 72 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple randoom sampling sebagai penentu kriteria sampel. Adapun berdasarkan pengolahan data yang didapat dari responden, didapatkan hasil Uji-t dengan nilai thitung 6,404 > ttabel 1,995. Dengan nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang memiliki arti terdapat pengaruh yang signifikan antara video pembelajaran di youtube terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 88 Jakarta pada mata pata pelajaran IPS kelas VIII. Kemudian, berdasarkan model regresi linier yang digunakan yakni Y´ = 69,784 + 0,491 X dapat disimpulkan bahwa setiap terjadi penambahan nilai variabel bebas (X), maka akan meningkatkan nilai variabel terikat (Y) sebesar 0,491. Koefisien regresi ini bernilai positif, sehingga dapat diartikan bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y positif. This study aims to determine the effect of learning videos on YouTube on students' learning interest in social studies subjects at class VIII SMP Negeri 88 Jakarta.. The type of research used in this research is quantitative research with a survey method through a questionnaire that is measured using a Likert scale. In this study, the number of samples used was 72 students who were selected using simple random sampling technique as a determinant of the sample criteria. Based on data processing obtained from respondents, the results of the t-test were obtained with a thitung 6,404 > ttabel 1,995 With this value, it can be concluded that Ha is accepted which means that there is a significant influence learning videos on YouTube on students' learning interest at SMP Negeri 88 Jakarta in social studies class VIII subjects. Then, based on the linear regression model used, namely Y´ = 69.784 + 0.491 X it can be concluded that each time the value of the independent variable (X) is added, it will increase the value of the dependent variable (Y) by 0.491. This regression coefficient is positive, so it can be interpreted that the effect of variable X on variable Y is positive.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Desy Safitri, M.Si. 2). Martini, S.H., M.H.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 18489 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:15
Last Modified: 21 Aug 2023 04:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39202

Actions (login required)

View Item View Item