PENGALAMAN BELAJAR KOLABORATIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH UMUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS PARAGOGY (Studi Kualitatif pada Mahasiwa UNJ)

CHANISA PUTRI TERTIA, . (2023) PENGALAMAN BELAJAR KOLABORATIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH UMUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS PARAGOGY (Studi Kualitatif pada Mahasiwa UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena pembelajaran jarak jauh pada tingkat perguruan tinggi yang masih diterapkan pasca pandemi Covid-19 dan berfungsi sebagai complement atau pelengkap pembelajaran tatap muka konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan telaah lebih lanjut mengenai bagaimana penerapan pendekatan Paragogy dalam MKU PKn pada Learning Management System dapat menciptakan pengalaman kolaboratif mahasiswa UNJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam (in-depth interview), dan penggunaan dokumen. Wawancara melibatkan sembilan informan, satu orang key informant, dan satu expert opinion. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan Paragogy dalam MKU PKn di LMS diterapkan melalui tiga aspek yaitu, peer learning dengan diskusi pada forum diskusi LMS, peer production dengan membuat projek kelompok yang menghasilkan luaran berupa video presentasi yang diunggah di media sosial Youtube (open production), dan peer review yaitu penilaian dan umpan balik yang dilakukan oleh sesama mahasiswa. Ketiga aspek ini ditinjau melalui kelima aspek Paragogy. Penerapan ketiga aspek ini menciptakan pengalaman kolaboratif mahasiswa dalam pembelajaran. Kata Kunci: Paragogy, Pembelajaran Kolaboratif, PKn, LMS. This research departed from the phenomenon of dictance learning at the university that is still implemented post the Covid-19 pandemic and serves as a complement to conventional face-to-face learning. This study aims to obtain further insights into how the implementation of The Paragogy approach in the Civics Education course through the Learning Management System can create collaborative experiences for UNJ students. This research used a qualitative approach with a phenomenological method. Data collection techniques used include observation, in-depth interviews, and document analysis. The interviews involved nine informants, one key informant, and one expert opinion. The conclusion of this research is that the implementation of the Paragogy approach in the Civics Education course through the LMS is carried out through three aspects: peer learning through discussion on the LMS discussion forums, peer production through group projects that produce outputs such as video presentations uploaded on social media platfroms like Youtube (Open Production), and peer review which involves assessment and feedback provided by fellow students. These three aspects are examined through the five aspects of Paragogy. The implementation of these three aspects creates a collaborative learning experience for students. Keywords: Paragogy, Collaborative Learning, Civics Education, LMS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Japar, M.Si. 2). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 18460 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:25
Last Modified: 21 Aug 2023 03:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39215

Actions (login required)

View Item View Item