ISLAMIA KHARIMAH, . (2020) ANALISIS EVALUASI LAHAN UNTUK PEMBUATAN JALAN ALTERNATIF PADA SIMPANG KODIM, KECAMATAN PANCORAN MAS, KOTA DEPOK, JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (42kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALTAS.pdf Download (194kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (238kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (206kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (216kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (148kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (205kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi lahan untuk pembuatan jalan alternatif di Simpang Kodim, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli – September 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wilayah di RW 06 Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada wilayah RW 06 Kelurahan Mampang, terdapat lahan kurang sesuai dengan keterangan sedang seluas 8.620 m² dan lahan seluas 143.099 m² masuk dalam kategori sesuai dengan keterangan baik untuk dijadikan lokasi pembuatan jalan alternatif. Jalan alternatif dipilih berdasarkan lahan dengan sedikit hambatan, jarak yang pendek, serta harga yang paling murah. Hambatan dalam pembuatan jalan adalah kemiringan lereng dan potensi longsor, jarak pendek dipilih berdasarkan panjang jalan yang diukur menggunakan aplikasi ArcGIS 10.5, lokasi rencana pembuatan jalan alternatif dipilih berdasarkan jumlah biaya pembangunan jalan yang lebih murah. Dari dua lokasi rencana pembuatan jalan alternatif yang telah dianalisis yaitu rencana jalan A yang dimulai dari Jl. Pramuka kemudian melalui Gg. Sawah III dan Jl. Remaja kemudian berakhir di Jl. Raya Sawangan, dan rencana jalan B yang dimulai dari Jl. Pramuka melalui Jl. Remaja kemudian berakhir di Jl. Raya Sawangan. Lokasi rencana jalan B dapat dikatakan sesuai sebagai lokasi rencana jalan alternatif yang efisien karena jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan beton lebih murah dibandingkan rencana jalan A yang panjang jalannya lebih panjang. This study aims to evaluate land for making alternative roads in Kodim Intersection, Mampang Village, Pancoran Mas District, Depok City. This research was conducted in July - September 2019. The method used in this research is descriptive method. The population in this study were all areas in RW 06, Mampang Village, Pancoran Mas District, Depok. Data collection techniques used are primary and secondary data. The analysis technique used is descriptive. The results showed that in RW 06 of Mampang Village, there were 8,620 m² of unsuitable land area and 143,099 m² of land suitable. Alternative roads were chosen based on land with few obstacles, short distances, and the cheapest prices. Obstacles in road construction are slope and potential for landslides, short distances are chosen based on the length of the road measured using the ArcGIS 10.5 application, the location of alternative road planning is chosen based on the amount of the cost of building a cheaper road. Of the two alternative road plan locations that have been analyzed, namely road plan A which starts from Jl. Pramuka then through Gg. Sawah III and Jl. Remaja then ends on Jl. Raya Sawangan, and the road plan B, which starts from Jl. Pramuka through Jl. Remaja then ends on Jl. Raya Sawangan. The location of the road plan B can be said to be suitable as the location of an efficient alternative road plan because the amount of cost needed to construct a concrete road is cheaper than the road plan A which has a longer road length.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sucahyanto, M.Si ; 2). Dr. Aris Munandar, S.Pd, M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 390 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 15:34 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 15:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3922 |
Actions (login required)
View Item |