STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KELUARGA : STUDI TENTANG HABITUS DAN KONVERSI KAPITAL BISNIS KATERING AQILLA DI RAWA SELATAN III, JAKARTA PUSAT

MANISHA KHUMAIRO ELVERDA, . (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KELUARGA : STUDI TENTANG HABITUS DAN KONVERSI KAPITAL BISNIS KATERING AQILLA DI RAWA SELATAN III, JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Manisha Khumairo Elverda, Strategi Pengembangan Usaha Keluarga : Studi Tentang Habitus dan Konversi Kapital Bisnis Katering Aqilla di Rawa Selatan III, Jakarta Pusat, Skripsi, Jakarta: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan eksistensi Usaha Katering Keluarga Aqilla sebagai usaha katering rumahan yang dijalankan oleh sebuah keluarga. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Usaha Katering Aqilla dalam memenangkan arena bisnis pada usaha katering di Rawa Selatan III. Dalam memenangkan arena bisnis, Usaha Katering Aqilla memanfaatkan habitus dan modal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan terhadap pemilik Usaha Katering Aqilla, karyawan Usaha Katering Aqilla dan pelanggan dari Usaha Katering Aqilla di Rawa Selatan III. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 hingga bulan Februari 2023. Subjek penelitian ini terdiri dari 9 orang informan, yakni 5 orang yang terdiri dari pemilik dan pengurus Usaha Katering Aqilla serta 4 orang yang terdiri dari pelanggan Usaha Katering Aqilla. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi di lokasi penelitian, wawacara mendalam dengan para informan, serta dokumentasi yang diperoleh secara langsung maupun dari informan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Usaha Katering Aqilla adalah usaha katering yang berada di rumahan. Usaha ini memiliki dua jenis yaitu usaha katering dan usaha makanan harian. Secara umum, Usaha Katering Aqilla adalah salah satu usaha yang berkontestasi dengan para aktor untuk memenangkan persaingan. Usaha Katering Aqilla menjadikan usaha katering di Rawa Selatan III sebagai arena kontestasi. Dalam memenangkan persaingan tersebut Usaha Katering Aqilla menerapkan habitus dan modal dalam berkontestasi dengan usaha katering lainnya. Dalam hal ini Usaha Katering Aqilla menjadikan habitus keluarga dan lingkungan sebagai dasar terbentuknya Usaha Katering Aqilla. Melalui habitus tersebut Usaha Katering Aqilla menerapkan modal ekonomi, modal sosial, modal budaya yang dikonversi menjadi modal simbolik sebagai strategi untuk memenangkan persaingan. Kata Kunci : Usaha Katering, Usaha Keluarga, Habitus dan Kapital Manisha Khumairo Elverda, Family Business Development Strategy: Study of Habitus and Capital Conversion of Aqilla's Catering Business in Rawa Selatan III, Central Jakarta, Thesis, Jakarta: Sociology Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2023. This study aims to describe the existence of the Aqilla Family Catering Business as a home-based catering business run by a family. In addition, this study also aims to determine the development strategy of Aqilla Catering Business in winning the business arena in the catering business in Rawa Selatan III. In winning the business arena, Aqilla's Catering Business utilizes habitus and capital. This study uses a qualitative method with a case study approach. This research was conducted on the owner of the Aqilla Catering Business, employees of the Aqilla Catering Business and customers of the Aqilla Catering Business in Rawa Selatan III. This research was conducted from August 2022 to February 2023. The subjects of this study consisted of 9 informants, namely 5 people consisting of owners and administrators of Aqilla Catering Business and 4 people consisting of customers of Aqilla Catering Business. Data collection was carried out by researchers through observation at research locations, in-depth interviews with informants, as well as documentation obtained directly or from informants. The results of this study indicate that Aqilla's catering business is a home-based catering business. This business has two types, namely the catering business and the daily food business. In general, Aqilla's catering business is a business that competes with actors to win the competition. Aqilla's catering business has made the catering business in Rawa Selatan III an arena of contestation. In winning the competition, Aqilla's Catering Business applies habitus and capital in competing with other catering businesses. In this case, the Aqilla Catering Business uses family and environmental habits as the basis for the formation of the Aqilla Catering Business. Through this habitus, Aqilla's Catering Business applies economic capital, social capital, cultural capital which is converted into symbolic capital as a strategy to win the competition. Keywords: Catering Business, Family Business, Habitus and Capital

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asep Suryana, M.Si. 2). Meila Riskia Fitri, S.Pd., M.A.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 18386 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 05:09
Last Modified: 21 Aug 2023 05:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39258

Actions (login required)

View Item View Item