HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN MOTOR ABILITY DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA SDN JATINEGARA KAUM 14 PAGI JAKARTA

RAHMADANI EGGIE FRESTISIO, . (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN MOTOR ABILITY DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA SDN JATINEGARA KAUM 14 PAGI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (940kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan motor ability dengan hasil belajar penjas pada siswa kelas 5 SDN Jatinegara Jakarta. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juni 2023 sampai dengan Juli 2023 yang bertempat di SDN Jatinegara Kaum 14 Pagi Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 35 orang yang berasal siswa kelas 5 SDN Jatinegara Kaum 14 Pagi Jakarta. Pengambilan data didahului dengan mengisi angket motivasi belajar kemudian dilanjutkan dengan tes motor ability yang terdiri dari dua belas, kemudian dilanjutkan dengan meminta data nilai akhir mata pelajaran penjas kepada pihak sekolah khususnya pada guru mata pelajaran penjas. Teknik pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data korelasi sederhana dan teknik analisis korelasi berganda dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan program SPSS versi 25 dan Excel 2016. Dari analisis data dapat diperoleh hasil: 1)Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar penjas dengan perolehan t hitung sebesar 2,189 > t Tabel 2,037 atau signifikan t 0,036 < 0,02. 2)Terdapat hubungan yang signifikan antara motor ability dengan hasil belajar penjas dengan perolehan t hitung sebesar 3,996 > t tabel 2,037 atau signifikan 0,000 < 0,05. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan motor ability secara bersama-sama dengan hasil belajar penjas pada siswa kelas 5 SDN Kaum 14 Jatinegara Jakarta dengan perolehan r hitung sebesar 0,587. ***** This study aims to find out the relationship between motivation learning and motor ability with physical education learning results in grade 5 SDN Jatinegara Jakarta. Data collection was conducted in Juny 2023 until July 2023 at SDN Jatinegara Jakarta. There search method used in this study is descriptive quantitative with correlational approach. The samples used in this study amount ed to 35 people from grade 5 SDN Jatinegara Kaum 14 Jakarta. Data retrievalis preceded by fillin gouta study motivation questionnaire then continued with a motor ability test consisting of twelve tests such as sit and reach, one leg standing, throwing a basketball, dribble basketball, throw and catch tennis ball, hit the dropped ball, kicking the ball, lay down, long jump, sit up, bleep test, then continued by asking for data on the final score of the phisical education subjects to the school, especially in the teacher of phisical education subjects. The hypothesis testing techniques conducted in this study use data analysis techniques using simple correlation analysis techniques and multiple correlation analysis techniques with a significant level of α = 0.05 with thehelp of SPSS version 25 and Excel 2016 programs. From the analysis of data can be obtained results: 1)There is asignificant relationship between learning motivation and the results of study phisical education with the acquisition of t count of 2,189 ,and table t2,037. 2)There is asignificant relationship between motor ability and penjas learning out comes with the acquisition of tcount of 3,996 and tabel t 2,037 . 3) There is a significant relationship between learning motivation andmotor ability together with phisical education learning results in grade 4SDN Jatinegara Kaum 14 Jakartawith the acquisitionof r countof 0.587.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Kurnia Tahki, M.Pd 2). Mastri Juniarto, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olahraga Beladiri
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 18568 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:29
Last Modified: 24 Aug 2023 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39261

Actions (login required)

View Item View Item