PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA SUB MATERI MITIGASI BENCANA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 42 JAKARTA

SARAH APRIANI, . (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA SUB MATERI MITIGASI BENCANA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 42 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (965kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan dari metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 42 Jakarta pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 42 Jakarta dengan menggunakan kelas X-7 sebagai sampel penelitian dengan jumlah 32 peserta didik. Data yang diperoleh berasal dari nilai N-Gain Score dan nilai uji hipotesis. Dari hasil perhitungan rata-rata nilai sebelum diberi pelakuan (tes awal) dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 36,40 dan sesudah diberi perlakuan (tes akhir) dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah72,45 terdapat perubahan di mana nilai rata-rata selisih sebesar 43,12. Dari hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Mind Mapping dengan tafsiran yaitu cukup efektif, karena nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 57,32% di mana nilai tersebut dapat dikatakan cukup efektif karena melihat kriteria pengujian yaitu 56% - 75% dikatakan cukup efektif. Dan hasil hipotesis yang diajukan diperoleh nilai Sig. sebesar 0,01 ≤ 0,05 artinya terdapat pengaruh dari variabel X dengan variabel Y, yaitu penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada sub materi mitigasi bencana alam di kelas X SMAN 42 Jakarta. Pada penelitian ini hasil belajar dari peserta didik dilihat dari kemampuan peserta didik dalam membuat Mind Mapping. Didapatkan bahwa hasil Mind Mapping peserta didik telah sampai pada tahap C3, pada tahap ini peserta didik telah mampu menentukan topik utama dalam membuat Mind Mapping dan menghubungkan cabang utama dengan cabang subtopik. Kemampuan peserta didik dalam membuat belum sampai C4, pada tahap C4 ini peserta didik belum mampu mengklasifikasi cabang-cabang dalam Mind Mapping. Peserta didik hanya dapat menuliskan Mind Mapping dengan topik utama dan menghubungkan dengan subtopik. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, Mind Mapping, Peserta Didik This study aims to determine the effect of applying the Mind Mapping learning method to the learning outcomes of class X students at SMAN 42 Jakarta in geography subjects. This study uses a quantitative method with an experimental approach, the design used in this study is quasi-experimental. This research was conducted at SMAN 42 Jakarta using class X-7 as the research sample with a total of 32 students. The data obtained comes from the value of the N-Gain Score and the value of the hypothesis test. From the results of calculating the average value before being given treatment (preliminary test) with an average value obtained is 36.40 and after being given treatment (final test) with an average value obtained is 72.45 there is a change where the average value is the average difference is 43.12. From the results of the N-Gain test in the experimental class it can be concluded that the Mind Mapping learning method with interpretation is quite effective, because the average value obtained is 57.32% where this value can be said to be quite effective because it looks at the test criteria which is 56% - 75% is said to be quite effective. And the results of the proposed hypothesis obtained Sig. equal to 0.01 ≤ 0.05 means that there is influence from variable X with variable Y, namely the application of the Mind Mapping learning method has an influence on student learning outcomes in the natural disaster mitigation sub-material in class X SMAN 42 Jakarta. In this study, the learning outcomes of students were seen from the ability of students to make Mind Mapping. It was found that the results of the Mind Mapping of the students had reached stage C3, at this stage the students had been able to determine the main topics in making Mind Maps and connecting the main branches with subtopic branches. The ability of students to make has not reached C4, at this stage C4 students have not been able to classify branches in Mind Mapping. Students can only write Mind Maps with the main topic and link it with subtopics. Keywords: Learning Method, Learning Outcomes, Mind Mapping, Students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sucahyanto, M.Si. 2). Dra. Dwi Sukanti Lestariningsih, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18318 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:51
Last Modified: 23 Aug 2023 04:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39313

Actions (login required)

View Item View Item