PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMAN 51 JAKARTA PADA SUB MATERI PERSEBARAN KERAGAMAN KEBUDAYAAN INDONESIA

ADE JORDY SETIAWAN, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMAN 51 JAKARTA PADA SUB MATERI PERSEBARAN KERAGAMAN KEBUDAYAAN INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran berbasis website wordwall terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada materi persebaran keragaman kebudayaan Indonesia pada kelas XI SMA Negeri 51 Jakarta. Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan pendekatatan kuantitatif dan desain penelitian yaitu Pre-Test and Post-Test Control Group Desain yang menggunakan 2 jenis kelas yaitu kelas eksperimen dan juga kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Teknik pengambilan data dengan Teknik Sample Random Sampling. Sampel pada penelitian ini menggunakan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen akan menggunakan media pembelajaran Wordwall sedangkan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran secara konvensional. Pada penelitian ini menggunakan Teknik analasis dengan cara melakukan uji instrumen dengan uji validitas dan uji reabilitas, uji data dengan mengolah data hasil Pre-Test dan Post-Test, dan uji analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji Independent Simple T-Test. Pada kelas eksperimen sudah diperoleh nilai dari hasil belajar dalam mengalami peningkatan yang signifikan dari angka 69,77 menjadi 80. Sedangkan untuk kelas kontrol juga mengalami peningkatan namun tidak signifikan dari angka 68 menjadi 71,89. Dan penelitian ini telah dapat disimpulkan dengan perolehan hasil uji Independent Simple T-Test dengan angka 0,000 yang diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang memiliki rujukan terhadap nilai Sig. < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan hasil belajar kognitif di kelas XI SMAN 51 Jakarta setelah menggunakan media pembelajaran berbasis website Wordwall dalam pembelajaran Geografi pada sub materi Persebaran Keragaman Kebudayaan Indonesia. This study aims to determine the effect of learning media Wordwall based website on the learning outcomes of the cognitive domain of students in the material on the spread of culture in class XI SMA Negeri 51 Jakarta. This research is included in the type of experimental research with a quantitative approach and research design, namely Pre-Test and Post-Test Control Group Desain which uses 2 types of classes, namely the experimental class and also the control class. This study uses data collection techniques with techniques Simple Random Sampling. The sample in this study used class XI IPS 1 as the experimental class and class XI IPS 2 as the control class. The experimental class will use learning media Wordwall while the control class uses conventional learning media. In this study using analysis techniques by conducting instrument tests with validity and reliability tests, data testing by processing the results data Pre-Test and Post-Test, and test data analysis with normality test, homogeneity test and test Independent Simple T-Test. In the experimental class, the value of learning outcomes experienced a significant increase from 69.77 to 80. Meanwhile, the control class also experienced an increase but not significantly from 68 to 71.89. And this research can be concluded with the acquisition of test results Independent Simple T-Test with the number 0.000 which means that H0 rejected and Ha accepted which has a reference to the value of Sig. < ;p0.05. It can be concluded that there is a positive effect on increasing cognitive learning outcomes in class XI SMAN 51 Jakarta after using media-based learning website or application Wordwall in learning Geography on the sub-material of the Distribution of Indonesian Cultural Diversity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aris Munandar, M.Si. 2). Prof. Dr. Muzani Jalaluddin. Dipl.Geo., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18412 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:31
Last Modified: 24 Aug 2023 03:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39317

Actions (login required)

View Item View Item