PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMA NEGERI 61 JAKARTA

POETRY SITY NOERAZIZAH, . (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMA NEGERI 61 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Poetry Sity Noerazizah. 1402619022. Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Pada Materi Dinamika Litosfer Di SMA Negeri 61 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi Dinamika Litosfer di SMA Negeri 61 Jakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian quasy eksperimen dengan desain non equivalent control group design yang menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dalam proses pembelajaran dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah) dalam proses pembelajaran. Data yang diperoleh berasal dari nilai soal pre-test dan post-test yang mengacu pada tingkatan kemampuan kognitif taksonomi Bloom yang sudah direvisi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian kali ini yaitu uji instrumen, uji data sebagai persyaratan analisis, dan uji analisis data. Berdasarkan dari hasil pengujian, instrumen dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan dari pengujian data yang diambil di lapangan, diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen. Kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 90,06 dari 66,03. Sedangkan perolehan kelas kontrol dari 62,47 menjadi 80,67. Kesimpulan ini juga didukung dengan uji independent sampe t-test, memperoleh nilai Sig. sebesar 0,001 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dikarenakan nilai Sig. < 0,05. Sehingga penerapan metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di kelas X pada materi Dinamika Litosfer di SMAN 61 Jakarta. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Snowball Throwing, Hasil Belajar Kognitif, Siswa. ABSTRACT Poetry Sity Noerazizah. 1402619022. Application of Snowball Throwing Learning Method in Improving Cognitive Learning Outcomes of Class X Students on Lithospheric Dynamics Material at SMA Negeri 61 Jakarta. Thesis. Jakarta: Geography Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta. 2023. This study aims to determine whether the application of the snowball throwing learning method can improve the cognitive learning outcomes of class X students on the material of Lithospheric Dynamics at SMA Negeri 61 Jakarta. This research is included in quasy experimental research with a non-equivalent control group design that uses a control class and an experimental class. The sampling technique in this study used purposive sampling method. The samples used in this study are class X-5 as an experimental class that will use the snowball throwing learning model in the learning process and class X-6 as a control class that will use conventional learning methods (lectures) in the learning process. The data obtained comes from the pre-test and post-test question scores which refer to the revised Bloom's taxonomy cognitive ability levels. The techniques used to analyze the data in this study are instrument test, data test as analysis requirements, and data analysis test. Based on the test results, the instrument was declared valid and reliable, and the data was declared normal and homogeneous. Based on data testing taken in the field, the results showed that there was an increase in students' cognitive learning outcomes in the experimental class. The experimental class experienced a significant increase in cognitive learning outcomes with the acquisition of an average value to 90.06 from 66.03. While the acquisition of the control class from 62.47 to 80.67. This conclusion is also supported by the application of the snowball throwing learning method can improve students' cognitive learning outcomes in class X on the material of Lithospheric Dynamics at SMAN 61 Jakarta. Keywords: Learning Methods, Snowball Throwing, Cognitive Learning Outcomes, Students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. ODE SOFYAN HARDI, S.Pd., M.Si., M.Pd. 2). Dr. SUCAHYANTO, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18233 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2023 05:49
Last Modified: 23 Aug 2023 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39350

Actions (login required)

View Item View Item