EVALUASI PELATIHAN ASN ACADEMY BATCH 6 DI PEMIMPIN.ID

FARAH KHALIDAH, . (2023) EVALUASI PELATIHAN ASN ACADEMY BATCH 6 DI PEMIMPIN.ID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi merupakan suatu tahapan yang sangat penting untuk mengetahui keberhasilan suatu program. Pemimpin.id merupakan organisasi non-profit dengan cara kerja start-up edutech yang menyelenggarakan pelatihan untuk para ASN di seluruh Indonesia, namun belum melaksanakan tahapan evaluasi secara rinci. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi yang diterapkan pada pelatihan ASN Academy Batch 6 dan dikaji menggunakan framework model evaluasi kirkpatrick; reaksi, pembelajaran, tingkah laku, dan hasil. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan pendekatan mix method yaitu gabungan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh dari angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik sampling yang dipakai yaitu multi stage sampling yaitu teknik sampel jenuh untuk angket dan purposive sampling untuk wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Pelatihan ASN Academy Batch 6 di Pemimpin.id sudah berjalan dengan efektif berdasarkan framework model evaluasi Kirkpatrick hal tersebut dilihat dari hasil untuk aspek reaksi mendapatkan rata-rata sebesar 86% yang menandakan bahwa peserta menunjukan kepuasan terhadap pelaksanaan pelatihan. Pada aspek pembelajaran menunjukan berdasarkan hasil pre test dan post test yang telah dilakukan maka didapatkan kenaikan sebesar 26,4% untuk pelatihan 1 dan 2 yang mana menandakan adanya peningkatan. Pada aspek tingkah laku berdasarkan pengisian penilaian diri awal dan akhir pelatihan melalui growth journal didapatkan data dengan kenaikan 41% dan rata-rata penilaian angket sebesar 65% yang mana menandakan bahwa setelah pelatihan selesai dilakukan peserta mampu mengimplementasikan materi program ASN Academy untuk lingkungan kerjanya. Lalu untuk aspek hasil didapatkan data bahwa peserta mengalami peningkatan kinerja terhadap pengetahuan dan keterampilan sebagai ASN yang mengimplementasikan program ASN Academy di lingkungan kerja. ***** Evaluation is a very important stage to determine the success of a program. Pemimpin.id is a non-profit organization with an edutech start-up way of working that organizes training for ASNs throughout Indonesia, but has not carried out the evaluation stage in detail. This study aims to describe the results of the evaluation applied to the ASN Academy Batch 6 training and reviewed using the Kirkpatrick evaluation model framework; reaction, learning, behavior, and results. This research uses an evaluation method with a mixed method approach, namely a combination of quantitative and qualitative research. Data were obtained from questionnaires, observations, documentation and interviews. The sampling technique used is multiple sampling, namely saturated sampling technique for questionnaires and purposive sampling for interviews. The results showed that the ASN Academy Batch 6 Training program at Pemimpin.id has been running effectively based on the Kirkpatrick evaluation model framework, this can be seen from the results for the reaction aspect getting an average of 86% which indicates that participants show satisfaction with the implementation of the training. In the learning aspect, it shows that based on the results of the pre-test and post-test that have been carried out, an increase of 26.4% is obtained for training 1 and 2 which indicates an increase. In the behavioral aspect, based on the completion of the initial and final self-assessment of the training through the growth journal, it is obtained.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Daddy Darmawan, M.Si. ; 2). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 18618 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:54
Last Modified: 22 Aug 2023 02:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39389

Actions (login required)

View Item View Item