SELVY ANGGRAENI, . (2023) DETERMINASI TEKNOLOGI TERHADAP BUDAYA ORGANISASI (STUDI KASUS: STRATEGI PEMASARAN DAN PENGIRIMAN BARANG DI PT. INDOEXPRESS LOGISTICS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (863kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (502kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
Abstract
Selvy Anggraeni, Determinasi Teknologi Terhadap Budaya Organisasi (Studi Kasus : Strategi Pemasaran dan Pengiriman Barang di PT. Indoexpress Logistics) (Skripsi). Jakarta: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Perkembangan teknologi semakin kompleks yang memberikan dampak sangat besar khusus bagi dunia logistik sehingga berbagai perusahaan harus beradaptasi dengan cepat guna mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan teknologi dalam kajian determinisme teknologi terhadap budaya organisasi pada divisi kerja strategi pemasaran dan pengiriman barang di PT. Indoexpress Logistic selaku perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang berskala internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 5 Informan yang terdiri dari informan utama yakni Staff Eksekutif Digital Marketing, Warehouse Worker, dan HRD. Kemudian, informan pendukung yaitu Manajer dan General Manajer. Lokasi penelitian ini dilakukan di PT. IndoExpress Logistics. Penelitian ini dilakukan dari Februari 2023 hingga Agustus 2023. Penelitian ini menggunakan teori determinasi teknologi yang dikemukakan oleh Mc Luhann. Lebih dari itu, untuk mengetahui berbagai perubahan teknologi yang mempengaruhi budaya organisasi di PT. IndoExpress Logistic Hasil penelitian berupa analisis determinasi teknologi yang terdapat di PT. IndoExpress Logistics dengan berbagai media yang digunakan sebagai strategi pengiriman barang dan pemasaran. Adapun determinasi ini terlihat dari perubahan teknologi yang digunakan oleh perusahaan guna mendukung berbagai proses pengriman barang dan pemasaran hingga berbagai pelayanan yang telah diberikan. Perubahan teknologi ini terlihat dari sistem kerja yang dahulu dipakai yakni hanya melalui yellow book, pager, serta cara konvensional lainnya. Kemudian, telah berkembang kebentuk lebih canggih dan modern dengan memanfaatkan segala bentuk dengan 3 kategori yakni direct selling, Advertising, dan Google Task. Dengan demikian, berbagai teknologi yang digunakan akan mendukung perkembangan teknologi dalam dunia logistic. Kata Kunci: Determinasi Teknologi, Budaya Organisasi, Perusahaan Logistik. Selvy Anggraeni, "The Determination of Technology on Organizational Culture (Case Study: Marketing and Delivery Strategies at PT. IndoExpress Logistics)" (Undergraduate Thesis). Jakarta: Sociology Study Program, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Jakarta, 2023. The development of technology has become increasingly complex, creating significant impacts, especially in the logistics world, which requires various companies to adapt quickly to maintain their existence. This research aims to investigate how technological changes, within the framework of technological determinism, affect the organizational culture in the marketing and delivery strategy division at PT. IndoExpress Logistics, an international shipping services company. This study adopts a qualitative descriptive approach. The research subjects consist of 5 informants, including key informants such as the Digital Marketing Executive Staff, Warehouse Worker, and HRD, as well as supporting informants, namely the Manager and General Manager. The research takes place at PT. IndoExpress Logistics and spans from February 2023 to August 2023. This study uses the theory of technological by Mc Luhann. More than that, to find out various technological changes that affect organizationa changes that effect organizational culture at PT. IndoExpress Logistics. The research results include an analysis of technological determination present at PT. IndoExpress Logistics, examining various media used for goods delivery and marketing strategies. This determination is evident through the technological changes implemented by the company to support various shipping and marketing processes, as well as the services provided. Technological advancements can be observed, transitioning from the previous use of yellow books, pagers, and other conventional methods to more sophisticated and modern forms, including direct selling, advertising, and Google Task. Consequently, these diverse technologies support the technological development in the logistics industry. Keywords: Technological Determination, Organizational Culture Logistics Firm.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum, : 2). Abdul Rahman Hamid, S.H., M.H. |
Subjects: | Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 18413 not found. |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 00:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 00:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39400 |
Actions (login required)
View Item |