STRATEGI EDUKASI GALERI INVESTASI SYARIAH FEB UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA DALAM PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA

FIDA NUR AULIA, . (2023) STRATEGI EDUKASI GALERI INVESTASI SYARIAH FEB UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA DALAM PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fida Nur Aulia, Strategi Edukasi Galeri Investasi Syariah FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam Peningkatan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa. Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Persepsi keliru masyarakat tentang investasi syariah menyebabkan rendahnya minat masyarakat untuk berinvestasi syariah. Hal ini harus ditingkatkan untuk menyeimbangi peningkatan teknologi serta layanan di bidang investasi syariah. Mahasiswa PAI idealnya memiliki literasi keuangan syariah yang baik, karena mendapatkan mata kuliah yang memuat unsur ekonomi syariah. Faktanya literasi keuangan syariah mahasiswa PAI rendah. Edukasi keuangan syariah serta strategi lembaga yang melakukan edukasi menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi oleh Divisi Edukasi Galeri Investasi Syariah FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang mendapat penghargaan dari Bursa Efek Indonesia sebagai lembaga teraktif dalam melakukan edukasi. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi Prodi PAI serta lembaga yang menjalankan edukasi keuangan syariah untuk dapat mengembangkan aspek strategi serta integrasi pembelajaran agama dengan literasi keaungan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan strategi Divisi Edukasi GIS dalam meningkatkan literasi keuangan syariah mahasiswa FEB UIN Jakarta. Sumber data diperoleh dari wawancara, studi dokumen, observasi, serta penyebaran kuesioner kepada member Galeri Investasi Syariah FEB UIN Jakarta dilakukan pada bulan Maret – Mei 2023. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi edukasi di lembaga pendidikan non formal yang terdiri atas strategi pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Serta teori literasi keuangan syariah diantaranya komponen keuangan syariah, dan kategorisasi tingkat literasi keuangan syariah untuk mengetahui tingkat literasi keuangan syariah mahasiswa sekaligus keberhasilan strategi. Hasil penelitian menunjukkan kunci strategi dimulai dari edukasi internal, yang merupakan bagian dari strategi perencanaan. Perencanaan program edukasi disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dari hasil identifikasi masalah. Pembelajaran dimulai dari tahap basic, intermediate, hingga advance. Metode serta teknik yang digunakan pada pelaksanaan bervariasi, diantaranya metode studi kasus, simulasi, dan diskusi interaktif yang berpengaruh pada pemahaman peserta. Evaluasi teridentifikasi untuk dua tujuan: lingkup terbatas untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta, dan lingkup luas untuk mengetahui keberhasilan strategi serta program sekaligus rediagnosis kebutuhan belajar. ********** The false perception of public about sharia investment has led to low public interest in sharia investment. PAI students ideally have good Islamic financial literacy, after taking courses that contain elements of Islamic finance. In fact, Islamic financial literacy of PAI students is low. Islamic financial education and strategies of institutions that conduct education are interesting to be examined. This study aims to describe the strategy of planning, implementation, and evaluation by the Education Division of Sharia Investment Gallery of Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta which received an award from the Indonesia Stock Exchange as the most active institution in education. The results of this research are expected to be useful for PAI Study Program and institutions that carry out sharia finance education to be able to develop strategic aspects and integrate religious learning with sharia financial literacy. This research is a descriptive qualitative research that describes the strategy of the GIS Education Division in increasing Islamic financial literacy of Jakarta State Islamic University students. Data sources were obtained from interviews, document studies, observations, and questionnaire distribution to members of the Sharia Investment Gallery of Jakarta State Islamic University conducted in March – May 2023. The theory used in this study is the theory of educational strategies in non-formal educational institutions consisting of strategies at the planning, implementation, and evaluation stages. As well as the theory of Islamic financial literacy including the components of Islamic finance, and the categorization of the level of Islamic financial literacy to determine the level of Islamic financial literacy of students as well as the success of strategies. The results showed that the key strategy starts from internal education, which is part of the planning strategy. Educational program planning is adjusted to the needs of students from the results of problem identification. Learning starts from the basic, intermediate, to advanced stages. The methods and techniques used in the implementation vary, including case study methods, simulations, and interactive discussions that affect the understanding of participants. Evaluation is identified for two purposes: a limited scope to determine the level of understanding of participants, and a broad scope to determine the success of strategies and programs as well as rediagnosis of learning needs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, MA ; 2). Mushlihin, S.Pd.I.,MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 18638 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:06
Last Modified: 24 Aug 2023 03:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39496

Actions (login required)

View Item View Item