DILEMA PRESENTASI DIRI TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH BERBASIS KEAGAMAAN (Studi Kasus 6 Guru di MAS Annida Al Islamy – Jakarta Barat)

SALSABILAH, . (2023) DILEMA PRESENTASI DIRI TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH BERBASIS KEAGAMAAN (Studi Kasus 6 Guru di MAS Annida Al Islamy – Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengangkat topik dilema pembentukan identitas pada tenaga pendidik di MAS Annida Al Islamy di Jakarta Barat dengan alat analisis pendekatan dramaturgi untuk melihat perbedaan antara presentasi diri pada panggung depan dan pelepasan peran di panggung belakang. Individu sebagai tenaga pendidik membutuhkan pembentukan identitas atau presentasi diri pada panggung depan selayaknya seorang guru yang bisa mengaktualisasikan nilai-nilai dan norma di masyarakat sekaligus pemimpin dalam proses pembelajaran. Namun, pada panggung belakang tenaga pendidik menjadi individu dengan identitas yang autentik tanpa ikatan norma pada panggung depan. Perbedaan tersebut menyebabkan dilema pembentukan identitas pada keenam tenaga pendidik di MAS Annida Al Islamy di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi dan memahami dilema presentasi diri tenaga pendidik terkait perilaku, tindakan, dan sikap. Penelitian ini dilakukan di MAS Annida Al Islamy di Jakarta Barat dengan subjek penelitian tenaga pendidik MAS Annida Al Islamy sebanyak enam orang dari mata pelajaran yang beragam. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan triangulasi data sejak Januari 2023 sampai dengan Juni 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam informan melakukan pembentukan identitas atau presentasi diri pada panggung depan sesuai karakter mereka masing-masing. Mulai dari appearance (penampilan) terbagi menjadi tiga kategori, yaitu: berpenampilan menarik, berpenampilan sederhana, dan berpenampilan independen dalam artian memiliki cara tersendiri. Keenam informan juga melakukan penataan sikap atau manners (tata krama) pada panggung depan terkait lingkungan sekolah. Presentasi diri yang dikemas begitu sempurna pada panggung depan ternyata tidak sesuai dengan panggung belakang para informan. Berdasarkan hal tersebut terjadi dilema pada keenam informan karena ketidaksesuaian panggung depan dengan panggung belakang. Para informan dihadapkan pada dua situasi sulit, yakni panggung depan di mana tempat mereka menjalankan peran dengan sempurna dan panggung belakang tempat mereka bisa bertindak dan berperilaku bebas dari norma pada panggung depan. Kata Kunci : Presentasi Diri, Tenaga Pendidik, Dramaturgi ABSTRACT This research raises the topic of identity formation dilemmas in educators at MAS Annida Al Islamy in West Jakarta with a dramaturgical approach analysis tool to see the difference between self-presentation on the front stage and role release on the back stage. Individuals as educators need identity formation or self-presentation on the front stage like a teacher who can actualize values and norms in society as well as a leader in the learning process. However, on the backstage, educators become individuals with authentic identities without the bonds of norms on the front stage. This difference causes an identity formation dilemma for the six educators at MAS Annida Al Islamy in West Jakarta. This study uses a qualitative approach to explore and understand the educators self-presentation dilemma related to behavior, actions, and attitudes. This research was conducted at MAS Annida Al Islamy in West Jakarta with the research subjects being six educators from various subjects. This research used data collection techniques through interviews, observations, documentation studies, and data triangulation from January 2023 to June 2023. The results showed that the six informants carried out identity formation or self�presentation on the front stage according to their respective characters. Starting from appearance, it is divided into three categories, namely: attractive appearance, simple appearance, and independent appearance in the sense that it has its own way. The six informants also arranged their manners on the front stage related to the school environment. The self-presentation that is packaged so perfectly on the front stage does not match the informants' back stage. Based on this, there was a dilemma for the six informants because of the discrepancy between the front stage and the back stage. The informants are faced with two difficult situations, namely the front stage where they carry out their roles perfectly and the back stage where they can act and behave freely from the norms on the front stage. Keywords: Self-Presentation, Educators, Dramaturgy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Achmad Siswanto, M.Si. 2). Devi Septiandini, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 18763 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:36
Last Modified: 24 Aug 2023 03:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39499

Actions (login required)

View Item View Item