PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI E-COMPLAINT MANAGEMENT BERBASIS WEB DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

LUTHFI ARZAKI, . (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI E-COMPLAINT MANAGEMENT BERBASIS WEB DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Di Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta sarana penyampaian pengaduan mahasiswa terhadap ketidakpuasan dan permasalahan yang ada di lingkungan kampus masih sangat terbatas, yaitu masih menggunakan aplikasi WhatsApp dengan bantuan bot admin. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan User Interface (UI) sistem informasi layanan pengaduan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta sebagai sarana layanan pengaduan keluhan mahasiswa untuk mengelola, mendapatkan informasi perkembangan, dan memfasilitasi keluhan mahasiswa. Hasil dari perancangan UI yaitu high-fidelity prototype yang dibuat dalam bentuk sebuah mockup yang dibangun menggunakan aplikasi figma dengan metode Design Thinking. Metode ini merupakan salah satu metode pemecahan masalah yang mengembangkan solusi berdasarkan pemahaman mendalam dari pengguna. Design Thinking memiliki 5 tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Setelah menghasilkan UI, selanjutnya dilakukan pengujian Usability Testing menggunakan metode pengujian System Usability Scale (SUS) kepada 5 responden. Hasil dari pengujian tersebut didapatkan skor rata-rata SUS sebesar 95. Maka secara keseluruhan penelitian ini berhasil memberikan pengalaman pengguna dan perancangan UI yang baik sebagai dasar pengembangan perancangan UI sistem informasi E-Complaint Management berbasis web. ***** At the Faculty of Engineering, State University of Jakarta, the means of submitting student complaints about dissatisfaction and problems in the campus environment are still very limited, namely still using the WhatsApp application with the help of admin bots. Therefore, this study aims to produce a User Interface (UI) design for a complaint service information system at the Faculty of Engineering, State University of Jakarta as a means of student complaint services to manage, obtain development information, and facilitate student complaints. The result of the UI design is a high-fidelity prototype made in the form of a mockup built using the figma application with the Design Thinking method. This method is a problem-solving method that develops solutions based on a deep understanding of the user. Design Thinking has 5 stages, namely empathize, define, ideate, prototype, and test. After producing the UI, Usability Testing was then carried out using the System Usability Scale (SUS) testing method to 5 respondents. The results of the test obtained an average SUS score of 95. So overall this research succeeded in providing a good user experience and UI design as the basis for developing a web-based E-Complaint Management information system UI design.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si, M.T. ; 2). Murien Nugraheni, ST., M.Cs.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 18537 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:31
Last Modified: 24 Aug 2023 02:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39514

Actions (login required)

View Item View Item