EFEKTIVITAS MANAJEMEN PESERTA DIDIK : STUDI KASUS KUTTAB AL-KAHFI INDONESIA

ROHMA KUBRO, . (2023) EFEKTIVITAS MANAJEMEN PESERTA DIDIK : STUDI KASUS KUTTAB AL-KAHFI INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rohma Kubro, Efektivitas Manajemen Peserta Didik: Studi Kasus Kuttab Al-Kahfi Indonesia. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2023 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas manajemen peserta didik yang ada pada lembaga pendidikan Kuttab Al-Kahfi Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang mendeskripsikan manajemen peserta didik yang dilakukan di Kuttab Al-Kahfi Indonesia. Sumber data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di Kuttab Al-Kahfi Indonesia yang terletak di Jalan Sholeh Iskandar, Bogor pada bulan Januari sampai dengan April Tahun 2023. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai konsep efektivitas, konsep manajemen peserta didik, dan konsep pendidikan kuttab yang mencakup sejarah dan perkembangannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen peserta didik di Kuttab Al-Kahfi Indonesia dalam lingkup penerimaan peserta didik telah memfungsikan teori perencanaan dan memenuhi indikator pelaksanaan seperti membuat panitia penerimaan, melakukan analisis kebutuhan peserta didik, serta melakukan seleksi pada peserta didik. Dalam aspek pembinaan dan pengembangan peserta didik, kuttab telah memfungsikan teori pengorganisasian dan pelaksanaan serta sudah memenuhi indikator pelaksanaan yaitu melakukan kegiatan orientasi, pembagian kelas, dan kegiatan pembinaan pada peserta didik. Terakhir pada lingkup kelulusan dan alumni peserta didik, Kuttab Al-Kahfi Indonesia telah memfungsikan teori pengawasan dan dilakukan dengan memenuhi indikator pelaksanaan seperti melakukan empat jenis evaluasi, menetapkan kriteria kelulusan, melakukan ujian akhir, dan melakukan pengarahan terhadap peserta didik yang akan diluluskan berupa diskusi sekolah lanjutan. Kata Kunci: Manajemen, Peserta Didik, Kuttab Rohma Kubro, Student Management Effectiveness: A Case Study of Kuttab Al-Kahfi Indonesia. Thesis, Jakarta: Islamic Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University. 2023 This study aims to analyze and describe the effectiveness of student management in Kuttab Al-Kahfi Indonesia educational institutions. This research uses a type of descriptive qualitative research using a case study approach that describes student management conducted at Kuttab Al-Kahfi Indonesia. The data source was obtained from observations, interviews, and documentation studies at Kuttab Al-Kahfi Indonesia located on Jalan Sholeh Iskandar, Bogor from January to April 2023. The theories used in thisstudy are theories about the concept of effectiveness, the concept of student management, and the concept of kuttab education which includes its history and development. The results of this study show that the management of students in Kuttab Al-Kahfi Indonesia within the scope of student acceptance has functioned planning theory and fulfilled implementation indicators such as creating an admission committee, conducting an analysis of student needs, and selecting students. In the aspect of coaching and developing students, kuttab has functioned the theory of organizing and actuaing and has fulfilled the implementation indicators, namely conducting orientation activities, class division, and coaching activities for students. Finally, in the scope of graduation and alumni of students, Kuttab Al-Kahfi Indonesia has functioned controlling theory and is carried out by fulfilling implementation indicators such as conducting four types of evaluations, setting graduation criteria, conducting final examinations, and directing students who will be graduated in the form of secondary school discussions. Keywords: Management, Learners, Kuttab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, Ph.D. 2). Suci Nurpratiwi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 18698 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:54
Last Modified: 24 Aug 2023 04:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39539

Actions (login required)

View Item View Item