Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Materi Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

FAHRI HUSAENI, . (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Materi Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, mendesain serta mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis google sites yang dapat meningkatkan hasil belajar materi Pancasila sebagai dasar negara dan mengetahui kelayakan media yang telah dibuat untuk peserta didik kelas IV di SDN Jatinegara Kaum 03. Kebaruan produk yaitu membuat tools yang membedakan sesuai gaya belajar anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Hannafin and Peck. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media sebesar 92,2%, skor validasi ahli bahasa sebesar 71,1%, skor validasi ahli materi sebesar 90%. Kemudian hasil uji coba yang dilakukan oleh peserta didik kelas IV SDN Jatinegara Kaum 03 pada tahap one to one sebesar 90,6%, tahap small group sebesar 90,8%, dan tahap field test sebesar 91%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran interaktif berbasis google sites yang bernama Pancasila-Ku layak digunakan pada pembelajaran pendidikan pancasila di kelas IV SD materi pancasila sebagai dasar negara. Maka dari itu tujuan dari penelitian pengembangan ini tercapai dan layak untuk digunakan kepada peserta didik sekolah dasar. This study aims to analyze the needs, design, develop, and produce interactive learning media based on Google Sites that can enhance the learning outcomes of Pancasila as the foundation of the state, and determine the feasibility of the created media for fourth-grade students at SDN Jatinegara Kaum 03. The novelty of the product lies in creating tools that cater to children's learning styles. The research method used is the Research and Development (R&D) method, following the Hannafin and Peck model. The validation results conducted by media experts showed a score of 92.2%, a language expert's validation score was 71.1%, and a subject matter expert's validation score was 90%. The results of the testing conducted by fourth-grade students at SDN Jatinegara Kaum 03, in the one-to- one stage, showed a score of 90.6%, the small group stage had a score of 90.8%, and the field test stage had a score of 91%. Based on these results, the interactive learning media based on Google Sites named Pancasila-Ku is deemed suitable for use in Pancasila education for fourth-grade students in SD, focusing on Pancasila as the foundation of the state. Therefore, the objectives of this development research have been achieved and it is considered appropriate to be used by elementary school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Otib Satibi Hidayat, M.Pd ; 2). Prof. Helina, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 18896 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 00:32
Last Modified: 25 Aug 2023 00:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39683

Actions (login required)

View Item View Item