LITERATURE REVIEW: AKTIVITAS FISIK DALAM PEMBELAJARAN OUTDOOR EDUCATION SISWA SEKOLAH DASAR

MOCHAMMAD AZQILLA AHDALAZIM, . (2023) LITERATURE REVIEW: AKTIVITAS FISIK DALAM PEMBELAJARAN OUTDOOR EDUCATION SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERISTAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Pendidikan alam terbuka merupakan aktivitas luar sekolah yang merupakan kegiatan di luar kelas. Seperti bermain di lingkungan sekolah, taman, berkemah, dan lain-lain. Tapi, pendidikan luar kelas tidak sekedar memindahkan pelajaran ke luar kelas, tetapi dilakukan dengan mengajak siswa untuk menyatu dengan alam serta melakukan aktivitas yang mengarah pada terwujudnya perubahan perilaku siswa terhadap lingkungan sekitar melalui tahap-tahap penyadaran, pengertian, tanggungjawab, serta tingkah laku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapat gambaran tentang peta jalan penelitian 10 sepuluh tahun terakhir, serta ke depannya tentang kajian bidang keilmuan terkait tema outdoor education pada topik aktivitas fisik siswa sekolah dasar. Penulisan artikel ilmiah ini menggunakan metode penelitian literature review yang awalnya berasal dari 581 sumber literatur kemudian direview menjadi 15 literatur yang diambil dari dua database (Google Scholar dan PubMed) yang menunjukkan aktivitas fisik dan outdoor education. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa dengan tinggi aktivitas fisik memiliki tingkat kebugaran yang baik. Siswa yang banyak melakukan aktivitas fisik akan mendapatkan kebugaran jasmani yang lebih baik. Dapat disimpulkan bahwa baik kegiatan pembelajaran di luar kelas memiliki dampak positif yang signifikan, dengan pembelajaran di luar kelas berfokus pada pengembangan akademik dan pengalaman belajar yang holistik, sementara aktivitas fisik berfokus pada kesehatan fisik dan kesejahteraan individu. Keduanya dapat menjadi bagian penting dari pendidikan yang komprehensif dan upaya untuk mencapai perkembangan optimal baik secara akademik maupun fisik. *ABSTRACT* Outdoor education is an activity outside the school which is an activity outside the classroom. Such as playing in the school environment, parks, camping, and others. However, outdoor education does not just move lessons out of the classroom, but is carried out by inviting students to unite with nature and carry out activities that lead to the realization of changes in students' behaviour towards the surrounding environment through the stages of awareness, understanding, responsibility, and behaviour. The purpose of this research is to get an overview of the research roadmap for the last 10 ten years, as well as in the future about studies in scientific fields related to the theme of outdoor education on the topic of physical activity of elementary school students. The writing of this scientific article uses the literature review research method which originally came from 581 literature sources and then reviewed into 15 literature taken from two databases (Google Scholar and PubMed) which show physical activity and outdoor education. The results showed that every student with high physical activity had a good level of fitness. Students who do a lot of physical activity will get better physical fitness. It can be interpreted that both learning activities outside the classroom have a significant positive impact, with learning outside the classroom focusing on academic development and a holistic learning experience, while physical activity focuses on physical health and individual well-being. Both can be an important part of a comprehensive education and efforts to achieve optimal development both academically and physically. Keyword: Outdoor education, physical activity

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Hernawna, S.E., M.Pd 2) Hartman Nugraha, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 18943 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:53
Last Modified: 24 Aug 2023 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39691

Actions (login required)

View Item View Item