ABDUL ROHMAN TARIGAN, . (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEBAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (702kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran debat terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kemampuan tersebut merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan di abad 21. Sehingga, kemampuan ini penting dikembangkan untuk peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode eksperimen dan menerapkan desain pre-test and post-test control group. Penelitian ini berlokasi di SMK Negeri 4 Jakarta dengan populasi kelas X sebanyak 504 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 orang yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X Pemesinan A sebagai kelas kontrol dan X Pemesinan B sebagai kelas eksperimen. Sampel ini diperoleh dari penerapan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui instrumen tes. Kesimpulan diperoleh dengan melihat nilai signifikansi pada uji Independent Sample T-Test dan nilai alpha sebesar 0,05. Nilai signifikansi yang diperoleh ialah sebesar 0,022 yang berarti kurang dari 0,05 (< 0,05). Sehingga, kesimpulan penelitian ini ialah terdapat pengaruh dari model pembelajaran debat terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan perhitungan effect size dengan rumus Cohen’s, diperoleh besaran pengaruh sebesar 0,559 yang terkategori sedang (medium). Kata Kunci: Berpikir Kritis, Abad 21, Debat, Model Pembelajaran, dan PPKn. This study aims to examine the effect of the debate learning model on students' critical thinking skills in Pancasila and Citizenship Education Subjects. This ability is one of the skills needed in the 21st century. So, this ability is important to develop for students. The approach used in this study is quantitative with the experimental method and applying a pre-test and post-test control group design. This research is located at SMK Negeri 4 Jakarta with a class X population of 504 students. The sample in this study was 70 people consisting of two classes, namely Class X Machining A as the control class and X Machining B as the experimental class. This sample was obtained from the application of nonprobability sampling technique with purposive sampling. Data on students' critical thinking skills were obtained through test instruments. The conclusion is obtained by looking at the significance value on the Independent Sample T-Test and an alpha value of 0.05. The significance value obtained is 0.022 which means less than 0.05 (<0.05). So, the conclusion of this study is that there is an effect of the debate learning model on students' critical thinking skills. Based on the calculation of the effect size using the Cohen's formula, an effect size of 0.559 is obtained which is categorized as medium. Key Word: Critical Thinking, 21st Century Skills, Debate, Learning Models, and Civics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. 2). Prof. Dr. M. Japar, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 18877 not found. |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 01:15 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 01:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39711 |
Actions (login required)
View Item |