PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERKELOMPOK UNTUK MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL ANAK PADA SISWA SD KELAS 6

LUKKI ENDITE KRISTODHIKA, . (2023) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERKELOMPOK UNTUK MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL ANAK PADA SISWA SD KELAS 6. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penilitian ini bertujuan untuk membuat model permainan berkelompok untuk membentuk perilaku sosial anak pada siswa SD kelas 6. Waktu yang digunakan dalam penyusunan skripsi pada bulan Februari - Juli 2023 yang bertempat di SDN Rawa Bunga 11. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE, yaitu dengan mengembangkan model permainan dengan 5 (Lima) tahapan, yaitu 1.) Analisis (Analyze), 2.) Desain (Design), 3.) Pengembangan (Development), 4.) Pelaksanaan (Implementation), 5.) Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 6 yang berjumlah 24 anak sebagai subjek Uji Coba (Praktek Lapangan). Model permainan yang dibuat kemudian diuji validasi dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model yang dibuat diujicobakan, kemudian dikonsultasikan dan dinilai oleh para ahli sesuai dengan variable yang terikat. Uji coba yang dilakukan dengan cara memberikan 12 model permainan berkelompok yang telah dibuat peneliti untuk dianalisa dengan justifikasi oleh ahli (expret judgment). Setelah dilakukan validasi dan revisi kembali oleh dosen ahli maka didapatkanlah 12 model permainan yang dinyatakan layak untuk diterapkan kepada siswa SD kelas 6. Kesimpulan akhir yang diperoleh melalui penelitian ini adalah, 12 model permainan berkelompok untuk membentuk perilaku sosial anak pada siswa SD kelas 6 yang peneliti buat layak untuk diterapkan. *ABSTRACT* This research aims to create a group play model to shape children's social behavior in grade 6 elementary school students. The time spent in preparing the thesis was in February - July 2023 which took place at SDN Rawa Bunga 11. The research method used in this study was the ADDIE method, namely by developing a game model with 5 (five) stages, namely 1.) Analysis, 2.) Design, 3.) Development, 4.) Implementation, 5.) Evaluation. The research subjects used in this study were 6th grade elementary school students, totaling 24 children as test subjects (Field Practice). The game model created is then tested for validation using the expert justification test, where the model created is tested. The trials were carried out by providing 12 group game models that had been made by researchers to be analyzed with expert justification (expret judgment). After being validated and revised again by expert lecturers, 12 game models were obtained that were considered appropriate to be applied to grade 6 elementary school students. The final conclusion obtained through this research was, 12 group game models to shape children's social behavior in grade 6 elementary students that the researchers made were feasible to implement. Keywords: Game Models, Groups, Social Behavior, Grade 6 Elementary School Students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Aryati, M.Pd. ; 2.) Dr. Aan Wasan, S.Sos., M.Si.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 18700 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:37
Last Modified: 25 Aug 2023 04:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39750

Actions (login required)

View Item View Item