PENGEMBANGAN E-MODUL KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG BERBASIS PROYEK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) DI SMK

LUTFIAH SUNGKAR, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG BERBASIS PROYEK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) DI SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pasca pandemi COVID-19, seluruh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menerapkan pembelajaran tatap muka di sekolah. Guru dan siswa beradaptasi dengan situasi dan proses pembelajaran yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Terdapat tantangan baru dimana terjadi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) terhadap ketercapaian kompetensi siswa, penurunan hasrat belajar, dan meningkatnya kesenjangan belajar (Suryani et al., 2018; Yuangga et al., 2022). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis proyek materi gambar detail kolom dan balok pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan ADDIE, yaitu analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Pada pengembangan e-modul ini dibatasi hingga tahap pengembangan (Development). Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Kemang Bogor pada Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) kelas XI. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner atau angket untuk mengumpulkan data uji kelayakan produk melalui uji validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta instrumen tes berupa pretest dan posttest untuk mengumpulkan data uji coba produk kepada seluruh siswa kelas XI DPIB. Analisis data validasi ahli menggunakan rumus rerata skor dan uji coba produk menggunakan rumus Gain ternormalisasi. Hasil pengembangan bahan ajar berupa e-modul berbasis proyek materi gambar detail kolom dan balok pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 87,05% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 85,69% dengan kriteria “Baik”. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,31 dengan kriteria “Sedang”. Hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,67 dengan kriteria “Sedang”. ***** After the COVID-19 pandemic, all Vocational High Schools (SMK) implemented offline learning at school. Teachers and students adapt to different learning situations and processes compared to before. There are new challenges where there is a learning loss in the achievement of student competencies, a decrease in learning desire, and an increase in learning gaps (Suryani et al., 2018; Yuangga et al., 2022). This research is a development research that aims to produce project-based e-modules for detailed images of columns and beams in the Building Construction and Utilities subject. The research method used is Research and Development (R&D) using a model that refers to the ADDIE research and development model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation (Sugihartini & Yudiana, 2018). The development of this e-module is limited to the development stage. This research was conducted at SMKN 1 Kemang Bogor in the class XI Competency of Building Modeling and Information Design (DPIB). This study uses a questionnaire instrument to collect product due diligence data through validation tests by media experts and material experts, as well as test instruments in the form of pretest and posttest to collect product trial data for all class XI DPIB students. Expert validation data analysis uses the average score formula and product trials use the normalized gain formula. The results of the development of teaching materials in the form of project-based e-modules detailed drawing material for columns and beams in the Building Construction and Utilities subject. The validation results by media experts obtained an eligibility percentage of 87.05% with the "Good" criteria. The results of the validation by material experts obtained an eligibility percentage of 85.69% with the "Good" criteria. The results of the small group trials obtained an N-Gain value of 0.31 with the "Medium" criteria. The results of the field trials obtained an N-Gain value of 0.67 with the " Medium " criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Riyan Arthur, M.Pd.; 2). Anisah, MT.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil
Depositing User: Users 18718 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:35
Last Modified: 25 Aug 2023 07:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39785

Actions (login required)

View Item View Item