SOVIAN DONY, . (2023) PROFIL PEMBELAJARAN ONLINE GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK : STUDI KASUS KUANTITATIF DI SMK TAMANSISWA 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (797kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil pembelajaran online guru pada mata pelajaran kejuruan kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Tamansiswa 2 Jakarta berdasarkan pada langkah pra pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi/ penilaian pembelajaran, untuk mengetahui bagaimana profil pembelajaran online siswa pada mata pelajaran kejuruan kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Tamansiswa 2 Jakarta berdasarkan pada langkah pra pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi/ penilaian pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana perbandingan profil pembelajaran online pada mata pelajaran kejuruan kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Tamansiswa 2 Jakarta antara guru dan siswa pada langkah pra pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi/ penilaian pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Sampel dari penelitian ini meliputi 4 guru dan 27 siswa pada mata pelajaran kejuruan kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Tamansiswa 2 Jakarta dengan menggunakan nonprobability sampling yaitu teknik sampling jenuh. Indikator yang dianalisis untuk data profil guru mengenai pembelajaran online yaitu: 1) Sarana & prasarana; 2) Kesiapan guru; 3) Perangkat pembelajaran; 4) Tatap muka virtual; 5) Learning Management System (LMS) dan 6) Evaluasi/penilaian pembelajaran. Sedangkan untuk indikator yang dianalisis untuk data profil siswa mengenai pembelajaran online yaitu: 1) Sarana & prasarana; 2) Kesiapan siswa; 3) Tatap muka virtual; 4) Learning Management System (LMS) dan 5) Evaluasi/penilaian pembelajaran. Hasl penelitian ini meliputi hasil data profil guru, siswa dan perbandingan keduanya. Profil pembelajaran online pada mata pelajaran kejuruan kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Taman Siswa 2 Jakarta dengan skor persentase rata-rata 91,13% untuk guru dan 74,45% untuk siswa pada langkah pra pembelajaran, 91,92% untuk guru dan 76,74% untuk siswa pada langkah proses pembelajaran dan 92,22% untuk guru dan 82,22% untuk siswa pada langkah evaluasi/ penilaian pembelajaran. Hal ini menunjukkan profil pembelajaran online yang dijalani guru lebih baik daripada yang dijalani siswa. ***** This study aims to find out how the teacher's online learning profile in vocational subjects class 12th Electric Power Installation Engineering at Tamansiswa 2 Jakarta VHS based on pre-learning steps, the learning process and learning evaluation/assessment, to find out how students' online learning profile in vocational subjects class 12th Electric Power Installation Engineering at Tamansiswa 2 Jakarta VHS based on pre-learning steps, learning processes and evaluation/assessment of learning and to find out comparison of online learning profile in vocational subjects class 12th Electric Power Installation Engineering at Tamansiswa 2 Jakarta VHS between teachers and students in step pre-learning, learning process and evaluation/assessment of learning. The research method used is descriptive quantitative. The sample of this study included 4 teachers and 27 students in the vocational subject class XII of Electrical Power Installation Engineering Tamansiswa 2 Jakarta VHS using nonprobability sampling, namely the saturation sampling technique. The indicators analyzed for teacher profile data regarding online learning are: 1) Facilities & infrastructure; 2) Teacher readiness; 3) learning tools; 4) Virtual face-to-face; 5) Learning Management System (LMS) and 6) Evaluation/assessment of learning. As for the indicators analyzed for student profile data regarding online learning, namely: 1) Facilities & infrastructure; 2) Readiness of students; 3) Virtual face-to-face; 4) Learning Management System (LMS) and 5) Evaluation/assessment of learning. The results of this study include the results of teacher and student profile data and a comparison of the two. Profile of online learning in vocational subjects class 12th Electrical Installation Engineering Taman Siswa 2 Jakarta VHS with an average percentage score of 91.13% for teachers and 74.45% for students in the pre-learning step, 91.92% for teachers and 76, 74% for students in the learning process step and 92.22% for teachers and 82.22% for students in the learning evaluation/assessment step. This shows that the teacher's online learning profile is better than that of students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Daryanto, M.T. ; 2). Dr. Muksin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 19032 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 05:12 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 05:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39797 |
Actions (login required)
View Item |