PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM K.H. AHMAD RIFA’I ARIEF DI PESANTREN MODERN DAN PENERAPANNYA DI PESANTREN LA TANSA (1987-2008)

AULIA FIQRI RAHMAN, . (2023) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM K.H. AHMAD RIFA’I ARIEF DI PESANTREN MODERN DAN PENERAPANNYA DI PESANTREN LA TANSA (1987-2008). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy

Abstract

Aulia Fiqri Rahman, Pemikiran Pendidikan Islam K.H. Ahmad Rifa’i Arief di Pesantren Modern dan Penerapannya di Pesantren La Tansa (1987-2008) . Skripsi Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Pemikiran Pendidikan Islam K.H. Ahmad Rifa’i Arief di Pesantren Modern dan Penerapannya di Pesantren La Tansa (1987-2008). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran K.H. Ahmad Rifa’i Arief pendidikan Islam di pesantren modern yang kemudian diterapkan di pesantren La-Tansa. Metode yang digunakan untuk kajian penelitian ini adalah metode penelitian sejarah atau historis, yang terdiri dari pemilihan topik, pengumpulan data, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemikiran sistem pendidikan pesantren modern yang dilakukan oleh K.H. Ahmad Rifa’i Arief dapat mengintegrasikan kurikulum pendidikan agama dan nasional yang bertujuan untuk mengantar santri-santrinya berkembang dan bersaing dengan masyarakat yang mengenyam pendidikan umum. Pemikiran tersebut kemudian terimpletasikan di Pondok Pesantren La Tansa dalam skala SMP, SMA, dan SMK. Dengan visi Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Muslim yang memiliki ilmu pengetahuan yang seimbang secara bidimensional (dengan menghilangkan dikotomi duniawi dan ukhrawi) serta mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan yang ihsan fi ad-darain, Pondok Pesantren La Tansa mampu tetap bertahan dan berkembang dengan sistem pendidikannya walaupun K.H. Ahmad Rifa’i Arief telah wafat. Kata Kunci : K.H. Ahmad Rifa’i Arief, Pendidikan Islam, La Tansa This research aims to explore the thoughts of K.H. Ahmad Rifa’i Arief to create some education system in La Tansa Islamic Boarding School that adaptive with the evolving world . The method used in this research is historical research methods or historical, which consist of topic selection, data collection, verification, interpretation and historiography. The result of this research show that the thinking of modern Islamic school system carried out by K.H. Ahmad Rifa’i Arief can integrate Islamic education curriculum and national education curriculum which aim to deliver the students to develop and compete with students from general school. The idea was implemented in La Tansa Islamic Boarding School on a Junior High School, Senior High School, and Vocational High School. With the vision preparing muslim human resource who have knowledge that is bidiminsionally balance ( with eliminating worldly an ukhrowi dichotomy) and being able to implement it in a ihsan fi ad-darain, La Tansa Islamic Boarding School able to survive and develop with the education system even though K.H. Ahmad Rifa’i Arief has passed away. Keywords: K.H. Ahmad Rifa'i Arief, Islamic Studies, La Tansa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abrar, M.Hum. 2). Dr. Nur'aeni Marta, SS, M.Hum.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Ilmu Sejarah > Biografi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 18735 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:38
Last Modified: 25 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39827

Actions (login required)

View Item View Item