MUHAMMAD FAKHRUDDIN ARRAZI, . (2023) DESAIN PEMBUATAN INSTRUMEN UJI UNTUK MENILAI KOGNITIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER PRODI PTIK DI UNJ MENGGUNAKAN METODE ADDIE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (911kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (803kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain instrumen uji untuk menilai kemampuan kognitif mahasiswa pada mata kuliah jaringan komputer. Dalam pembuatan instrumen tersebut digunakan metode penelitian ADDIE, yang dimulai dengan tahap analisis yaitu dengan menetapkan target penelitian, kemudian tahap desain yaitu dengan membuat kerangka instrumen, dilanjut tahap pengembangan yaitu dengan menerapkan kerangka instrumen dan membuat butir soal, lalu tahap implementasi yaitu dengan menyebarkan instrumen kepada responden, dan terakhir tahap evaluasi yaitu dengan menilai kelayakan instrumen dan hasil dari jawaban responden. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen yang telah dibuat menghasilkan 28 butir soal valid dengan nilai reliabilitas 0,893 yang tergolong “sangat tinggi” dan mendapatkan nilai daya beda sebesar 0,125 yang berada pada kategori “kurang baik” dan nilai tingkat kesukaran sebesar 0,822 yang berada pada kategori “mudah”. Sedangkan hasil dari kemampuan kognitif responden sebesar 82% yang berada pada kategori sangat baik. This study aims to design test instruments to assess students cognitive abilities in computer network courses. ADDIE research method was used In making the instrument, which began with the analysis stage that is by setting research targets, next is design stage which is making an instrument structure, followed by the development stage by applying the instrument structure and making test items, then next is the implementation stage which is by distributing the instrument to respondents, and finally the evaluation stage is by assessing the validity of the instrument and the results of the respondents answers. From the results of the study it can be concluded that the instrument that has been made produces 28 valid questions with a reliability value of 0.893 which is classified as "very high" and obtains a different power value of 0.125 which is in the "not really good" category and a difficulty level value of 0.822 which is in the "easy" category. While the results of the cognitive abilities of the respondents were 82% which were in the category very good.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd. ; 2). Muchammad Ficky Duskarnaen, M.Sc |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 18613 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 04:44 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 04:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39836 |
Actions (login required)
View Item |