PENGARUH GAYA PENGASUHAN DAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL

FINKA ARDHIANISSA, . (2023) PENGARUH GAYA PENGASUHAN DAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya pengasuhan dan pembelajaran kolaboratif terhadap keterampilan sosial di SMPN 74 Jakarta Timur, dengan menggunakan metode penelitian survei pendekatan asosiatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada Bulan April sampai dengan Mei 2023. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode proporsionate stratified random sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner dengan penyebaran google formulir. Instrumen yang digunakan untuk mengukur gaya pengasuhan terdiri atas 26 butir pernyataan, untuk mengukur pembelajaran kolaboratif terdiri atas 74 butir pernyataan, dan untuk mengukur keterampilan sosial terdiri atas 29 butir pernyataan. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yaitu uji regresi linear berganda. Hasil penelitian memperoleh persamaan regresi linear berganda yaitu Y ̂= 41,870 + 0,221 X_1 + 0,163 X_2 untuk hasil F_hit = 7,691 dan p-value = 0,001 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara gaya pengasuhan dan pembelajaran kolaboratif terhadap keterampilan sosial. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik gaya pengasuhan dan pembelajaran kolaboratif diterapkan maka semakin baik keterampilan sosial yang didapatkan. ***** This study aims to determine the effect of parenting style and collaborative learning on social skills at SMPN 74 East Jakarta, using an associative approach survey research method. Data collection in this study was conducted from April to May 2023. Sampling in this study was selected using a proporsionate stratified random sampling method. Data were obtained using a questionnaire with the distribution of google formulir. The instrument used to measure parenting style consists of 26 statement items, to measure collaborative learning consists of 74 statement items, and to measure social skills consists of 29 statement items. Data were processed and analyzed using descriptive statistics and inferential statistics, namely multiple linear regression tests. The results obtained a multiple linear regression equation, namely Y ̂= 41,870 + 0,221 X_1 + 0,163 X_2 for the results of F_hit = 7.691 and p-value = 0.001 <0.05, indicating that there is an influence between parenting style and collaborative learning on social skills. These results indicate that the better the parenting style and collaborative learning are applied, the better the social skills obtained.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Elmanora, M.Si ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 19081 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 00:36
Last Modified: 29 Aug 2023 00:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39935

Actions (login required)

View Item View Item