PEMANFAATAN BUKU TEKS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA AL-KAMILIYYAH

ALDAENA CAESARIA, . (2023) PEMANFAATAN BUKU TEKS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA AL-KAMILIYYAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfataan buku teks dalam pembelajaran di kelas XI SMA Al-Kamiliyyah. Penelitian ini dilakukan sejak bulan April tahun 2021 sampai dengan bulan Juni 2021. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, data yang didapat berasal dari hasil pengamaran (observasi), wawancara, dan dokumen pendukung. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan informan inti yaitu Guru Sejarah Kelas XI dan Santri serta Santriwati kela XI. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan yang didapat menunjukkan bahwa pemanfataan buku teks di kelas XI SMA Al-Kamiliyyah masih kurang dari kata optimal. Beberapa faktor yang mempengaruhi kurang optimalnya pemanfataan buku teks sejarah wajib yaitu pemanfataan buku teks yang hanya dilakukan di dalam kelas aja, lalu isi dari buku teks yang masih sulit dipahami, serta kurangnya minat peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah. Hal ini dikarenakan SMA Al-Kamiliyyah adalah bagian dari Pondok Pesantren Modern Al-Kamiliyyah yang tidak memperbolehkan peserta didiknya membawa barang elektronik dan fasilitas pendukung pembelajaran di kelas yang juga tidak disediakan oleh pihak sekolah seperti proyektor dan in focus. Sehingga pembelajaran sejarah hanya bersumber dari buku teks saja dan mengakibatkan beberapa tujuan pembelajaran sejarah tidak terpenuhi. This study aims to find out how to use textbooks in learning in class XI SMA Al-Kamiliyyah. This research was conducted from April 2021 to June 2021. The method used is a qualitative method, the data obtained comes from observations, interviews, and supporting documents. The data sources used in this study consisted of key informants and key informants. The key informants were the Deputy Principal for Curriculum Affairs, and the key informants were the History Teacher Class XI and the Santri and Santriwati class XI. Data analysis techniques were carried out by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings show that the use of textbooks in class XI SMA Al- Kamiliyyah is still less than optimal. Some of the factors that influence the less optimal use of compulsory history textbooks are the use of textbooks that are only carried out in class, then the contents of textbooks that are still difficult to understand, and the lack of interest of students in history subjects. This is because Al-Kamiliyyah High School is part of the Al-Kamiliyyah Modern Islamic Boarding School which does not allow students to bring electronic goods and learning support facilities in class which are also not provided by the school such as projectors and in focus. So that history learning only comes from textbooks and results in several historical learning goals not being fulfilled.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. Fakhruddin, M. Si. 2). Dr. Umasih, M. Hum.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 19104 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:13
Last Modified: 28 Aug 2023 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39941

Actions (login required)

View Item View Item